Hadiri Peringatan MoU Helsinki di Lhong Raya Banda Aceh, Satu Mahasiswi Terpapar Covid-19

Laporan: Heri author photo


 

Acehpress, Banda Aceh | Seorang wanita berinisial RA (23), mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Banda Aceh, terkonfirmasi positif Covid-19, saat menghadiri peringatan MoU Helsinki ke-16 di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh. 

Peringatan MoU Helsinki yang digelar pada Minggu (15/8) lalu, dilaksanakan oleh Badan Reintegrasi Aceh (BRA).

Informasi yang berhasil dihimpun, RA dilaporkan positif Covid-19 setelah Tim Medis dari RS Kesdam Iskandar Muda (IM) yang disiagakan di lokasi kegiatan peringatan melakukan swab antigen terhadap mahasiswi tersebut. 

Diketahui, RA tiba di Gedung Serba Guna Stadion Harapan Bangsa bersama seorang rekannya.

Gadis asal Kabupaten Aceh Jaya tersebut diarahkan untuk di-swab antigen Covid-19 oleh petugas kesehatan Kesdam IM. Karena yang bersangkutan diketahui belum melaksanakan vaksinasi Covid-19. 

Setelah dilakukan swab antigen Covid-19 oleh petugas kesehatan Kesdam IM, hasil dari test tersebut RA reaktif atau positif, sehingga gadis itu pun diarahkan untuk dievakuasi Rumah Sakit Kesdam IM. RA kemudian dievakuasi menggunakan ambulans PSC Kesdam IM dan dibawa ke rumah sakit tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan intensif.

Dandim 0101/Aceh Besar Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, SSos., MSi dalam rilisnya, Rabu (18/8) membenarkan ada seorang tamu wanita yang positif Covid-19 saat menghadiri acara peringatan tersebut.

Kolonel Abdul Razak juga menerangkan bahwa pada saat kegiatan tersebut pihaknya memperketat protokol kesehatan.

Lalu ikut dilakukan pemeriksaan sertifikat vaksin bagi setiap tamu yang datang serta pemeriksaan swab antigen bagi yang belum menerima vaksin.

Hal dimaksud, tegas Dandim 0101/Aceh Besar ini untuk menghindari resiko terpapar Covid-19.

"Karena sama-sama kita tahu saat ini Kota Banda Aceh berada di zona tidak nyaman, yakni zona merah level 4. Berdasarkan Instruksi Mendagri, Pergub dan Perwal maka untuk kegiatan yang bersifat pengumpulan massa itu seharusnya dihindari," tegasnya.


Peringatan MoU Helsinki ke-16 di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya tersebut juga ikut mendapat pengawalan personel Kodim 0101/Aceh Besar, Polresta Banda Aceh serta petugas kesehatan dari Kesdam IM, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Aceh serta Diskes Provinsi Aceh.(*)


Sumber : Pendam IM

Share:
Komentar

Berita Terkini