Pasiter Kodim Abdya: Pendampingan Babinsa di Pertanian Tidak Gugurkan Tugas Penyuluh

Laporan: Heri Purwanto author photo

 



Abdya, Acehpress-  Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Koptu Bustami membantu petani binaan menanam padi, di Desa Rukun Damai Kecamatan Babahrot, Selasa (10/8).


Koptu Bustami menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu ringankan beban kerja petani di program swasembada pangan tahun 2021.


Penanaman padi di atas lahan 3 hektar itu menggunakan bibit jenis Ciherang. Bibit tersebut diklaim telah menjadi opsi petani setempat karena terbukti tahan hama serta memiliki kualitas unggul. 


Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Mohd Arifin membenarkan kegiatan anggotanya. Ia menyebutkan sesuai dengan instruksi dari pemerintah, Babinsa kembali dibebankan mendampingi pertanian. 


"Jangan heran, karena ini adalah bagian upaya khusus (Upsus) dari Babinsa dalam mensukseskan program pemerintah swasembada pangan," terangnya. 


Danramil yang juga menjabat sebagai pelaksana harian Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) di Kodim Abdya itu mengatakan, keterlibatan Babinsa di pertanian tidak serta merta menyingkirkan tugas dari para Penyuluh. Justru dengan hadirnya sinergi Babinsa ini diharapkan bisa memberikan kekuatan baru dalam kemajuan pertanian di wilayah. 


Pasiter menandaskan pendampingan pertanian yang telah diprogramkan tersebut akan terus dilakukan oleh jajaranya, menyusul banyaknya permintaan dari kalangan petani. 


"Alasannya tidak lain, semenjak adanya pendampingan dari Babinsa, hasil pertanian di wilayah terus semakin meningkat. Terlebih di Abdya, lini ekonominya itu ada di sektor pertanian," tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini