Gandeng Investor Korea PT IRJ Akan Bangun PLTS Berkapasitas 100 MW Di Kaltim

Laporan: Admin author photo
Gandeng Investor Korea PT IRJ Akan Bangun PLTS Berkapasitas 100 MW Di Kaltim

Acehpress.com, JAKARTA | Presiden Direktur PT.Imza Rizky Jaya (IRJ) Group, Dr (Cn) Hj.Rizayati, SH.,MM mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Forkopimda Kabupaten Kutai Kartanegara, pimpinan DPRD KOTA Balikpapan, Kalimantan Timur, di Kutai, Senin (20/9/2021).

Pertemuan tersebut adalah merupakan tindak lanjut dari rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau Power Plant, atas kerja sama PT. IRJ Group dengan JS Power Co,Ltd, Park Choon Ho, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang diwakili Dr. Drs. Sayid Fadhil, SH, M.Hum, selaku General Manager PT Imza Rizky Jaya.

“Pemerintah Kutai Kartanegara, merespon positip dan berharap project pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebut bisa segera terealisasi dengan cepat di Kalimantan Timur, khususnya wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” kata pengusaha sukses asal Aceh yang juga penggagas Program Indonesia Terang (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya /PJU-TS) yang telah terpasang puluhan ribu unit di dari Sabang-Marauke kepada media.

Selain Dr. Sayid Fadhil dari PT.Imza Rizky Jaya Group, hadir juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara,H.M. Alif Turiadi, SE, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, M.A.P, perwakilan dari Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pertanahan Negara (BPN), dan perwakilan instansi terkait.

“Dalam kesempatan itu,saya mewakili PT. Imza Rizky Jaya, meminta kepada Pemda Kutai Kartanegara dan Pemkot Balikpapan untuk segera memberikan informasi secepatnya agar kita segera melakukan koordinasi dengan partner kita dari Korea.

Kalau semua baik dari aspek legalitas yakni perijianan, tata ruang dan lainnya sudah beres, baru kita berani masuk. Sebab, pihak Korea (investor) ingin ‘clear and clean’,” kata Dr. Sayid Fadhil, Senin (20/9/2021) malam. 

“Jadi, para investor itu hanya tahunya datang dan bangun teknologinya, seterusnya kita yang kelola dalam hal ini PT.Imza Rizky Jaya. Adapun wilayah atau area lokasi yang akan dibangun tersebut berada di antara wilayah Kabupaten Kutai dan Kota Madya Balikpapan. Karena itu dari awal kita harus melibatkan lembaga legislatif (DPRD) dari dua wilayah setempat sebagaimana salah satu tugasnya yakni pengawasan,” terang general manager PT.Imza Rizky Jaya Group, Dr. Sayid Fadhil.

Masih kata dia, bahwa hasil diskusi tersebut akan memastikan bahwa tanah atau lokasi tersebut memang dapat dipergunakan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Yang paling penting untuk digarisbawahi adalah kalaupun ijin itu ada maka mereka akan memprioritaskan untuk Program Nasional dalam rangka peningkatan Tenaga Listrik,” kata Dr. Sayid Fadhil, yang pernah menjabat Kepala BPKS Sabang, Provinsi Aceh, itu.

Dijelaskan, luas area pembangunan PLTS di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim sebesar 200 hektar. Power Plant yang akan dibangun atas kerjsa sama PT. IRJ Group dengan JS Power Co,Ltd, Park Choon Ho ini berkapasitas 100 Megawatt (MW).

Sebelumnya, pada Minggu (19/9/2021) GM PT.Imza Rizky Jaya, Dr.Sayid Fadhil,SH.M.Hum dan tim telah melakukan survei lokasi yang persisnya berada di Kelurahan Samboja Kuala, Kecamatan Kecamatan Samboja,Kabupaten Kutai Kartanegara,Provinsi Kalimantan Timur.

Sekilas Profil Samboja, Tempat PLTS yang akan dibangun PT.Imza Rizky Jaya Group

Samboja adalah sebuah wilayah Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kecamatan ini memiliki 23 Desa/Kelurahan dengan rincin 4 Desa dan 19 Kelurahan. Luas wilayah Kecamatan Samboja adalah mencapai 1.045,90 kilometer persegi. Adapun, berada di koordinat 116°50’BT – 117°14’BT dan 0°52’LS – 1°08’LS. Pusat Ibukota Kecamatan Samboja adalah Kelurahan Samboja Kuala.

Kecamatan Samboja memiliki sekitar 23 desa dan kelurahan, yaitu: Desa Beringin Agung, Desa Bukit Raya, Desa Karya Jaya,Desa Tani Bhakti,Kelurahan Amborawang Darat,Kelurahan Amborawang Laut.

Sedangkan kelurahan meliput Kelurahan Argosari,Kelurahan Bukit Merdeka,Kelurahan Handil Baru, KelurahanHandil Baru Darat,Kelurahan Kampung Lama,Kelurahan Karya Merdeka, Kelurahan Kuala Samboja,Kelurahan Margomulyo,Kelurahan Muara Sembilang, Kelurahan Salok Api Darat,Kelurahan Salok Api Laut,Kelurahan Sanipah,Kelurahan Sungai Merdeka,Kelurahan Sungai Seluang,Kelurahan Tanjung Harapan,Kelurahan Teluk Pemedas,dan Kelurahan Wonotirto.

Kecamatan Samboja berbatasan dengan : Utara Kecamatan Muara Jawa, Selatan berbatasan dengan Kota Balikpapan, Timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Barat berbatasan dengan Balikpapan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Adapun, letak lokasi pembangunan PLTS di Kabupaten Kutai Kartanegara ini sangat strategis dan akses jalan tol Balikpapan,provinsi Kalimantan Timur. Dan perlu diketahui bahwa Kecamatan Samboja merupakan calon Ibu Kota Negara, sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. (Hasballah B)

Share:
Komentar

Berita Terkini