Gerakan Cepat Koramil 04/Meureubo Cegah Kebakaran Di Lingkup Perkantoran

Laporan: Admin author photo
Gerakan Cepat Koramil 04/Meureubo Cegah Kebakaran Di Lingkup Perkantoran

Acehpress.com, ACEH BARAT | Hindari ancaman kebakaran akibat arus pendek, Anggota Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar bersama Petugas PLN Lapangan mengecek instalasi listrik secara berkala dan melengkapi Racun Api atau APK (Alat Pemadam Kebakaran) di lingkungan Perkantoran dan Perumahan Dinas yang berlokasi di Jalan TMMD Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Senin (20/9/2021)

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek merupakan suatu hubungan dengan tahanan kecil namun mengakibatkan aliran listrik yang besar. Maraknya peristiwa kebakaran akibat arus pendek menjadi cerminan bagi Anggota Koramil 04/Meureubo dalam menggunakan listrik dengan bijak.

Listrik memang suatu kebutuhan penting dalam kehidupan apalagi Perkantoran, akan tetapi penggunaan secara berlebihan tanpa suatu pengawasan dan kewaspadaan dapat menimbulkan ancaman, yakni kebakaran.

Guna menghindarinya, Anggota Koramil 04/Meureubo menggandeng Petugas PLN Lapangan untuk memastikan kapasitas daya listrik dan merapikan kabel - kabel yang menjalar liar.

Ada banyak faktor penyebab terjadinya korsleting listrik , namun paling sering akibat kelalaian manusia. Mulai dari penggunaan kabel atau instalasi yang tidak sesuai standar hingga persoalan terhadap kesadaran untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan.

Danramil 04/Meureubo Kapten lnf Suyono mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya meredam kebakaran akibat korsleting listrik.

"Sebisa mungkin hindari pemasangan kabel yang terlalu banyak sambungan. Kemudian periksa kondisi isolasi pembungkus kabel, jika ada yang terkelupas atau telah menipis segera lakukan penggantian. Cek kembali perangkat MCB (Miniature Circuit Breaker), sebab MCB merupakan suatu perangkat yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik jika mengalami kenaikan mendadak. Gunakanlah MCB yang standar dari PLN. Dan yang terpenting adalah pemeriksaan listrik secara berkala dengan menggunakan jasa instalatir resmi (Petugas PLN)", jabar Kapten Suyono

Selain itu, Dirinya menghimbau jajarannya untuk lebih peduli dan jangan apatis untuk mencabut stop kontak ataupun mematikan semua peralatan listrik setelah digunakan.

Agar lebih aman lagi, menempatkan Alat Pelengkap Kebakaran di lokasi strategis dan mudah dijangkau guna menghadapi apabila terjadi kebakaran agar meminimalisir kerugian. (*)

Sumber : Pendim 0105/Abar

Share:
Komentar

Berita Terkini