Rahmad, Pemuda Gayo yang Akan Wakili Indonesia ke Forum Pelajar Internasional di Turki

Laporan: Admin author photo
Rahmad, Pemuda Gayo yang Akan Wakili Indonesia ke Forum Pelajar Internasional di Turki

Acehpress.com, TAKENGON | Rahmat Syifa, atau yang akrab disapa Rahmad merupakan pemuda Gayo dari  Desa Pinangan, Kecamatan  Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah  yang dinyatakan lolos dan akan mewakili Indonesia dalam sebuah forum pertukaran pelajar Internasional di Turki bernama Indonesia Internasional Student Exchange Program In Turkey, pada November 2021 mendatang. Selasa 07 September 2021.

Saat ini, Rahmat merupakan mahasiswa Program Studi International Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala (FEB USK). Mahasiswa tahun pertama FEB USK ini lulus bersama 14 delegasi lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Rahmat berhasil menjadi salah satu delegasi dengan kategori fully funded, yang didanai sepenuhnya oleh panitia penyelenggara. Menariknya, hanya enam kandidat yang berhasil lolos sebagai delegasi utama dengan kategori ini.

Untuk lolos dalam forum pertukaran pelajar ini, Rahmat harus bersaing dengan puluhan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Ia berhasil lolos setelah melewati sejumlah tahapan seleksi yang ketat yang meliputi seleksi administrasi, seleksi ujian tulis dan pengetahuan, aseleksi administrasi lanjutan, dan deep interview. Proses seleksi dimulai pada Mei 2021 lalu, sedangkan kelulusan diumumkan pada Juni 2021.

“Setelah lolos tahap administrasi yang pertama, saya dan para kandidat lainnya dihadapkan dengan serangkaian tes tulis dengan berbagai pertanyaan terkait wawasan kebangsaan dan global yang meliputi pengetahuan pendidikan di indonesia dan turki, pengetahuan  kebudayaan  indonesia dan turki, pengetahuan  pendidikan  dan kebudayaan  internasional, pengetahuan keperibadian, hingga materi story telling,” jelas Rahmat 

Pada tahap ketiga lanjutnya,Rahmat, hanya tersisa beberapa mahasiswa terbaik dari berbagai yang berhasil melewati tahap satu dan dua. Pada tahap ini, panitia melakukan penyeleksian lanjutan dengan sistem seleksi berkas lanjutan. Selanjutnya pada tahap terakhir, kandidat final diundang untuk menghadiri deep interview bersama pimpinan utama dan CEO Yayasan IISE 2021.

Akhirnya terpilihlah enam delegasi utama penerima fully funded yang berasal dari empat universitas, yaitu Rahmat sendiri dari Universitas Syiah Kuala, dua delegasi dari Universitas Indonesia, dua delegasi dari IPB University, dan satu delegasi lainnya dari Poltekes Yogyakarta.

Dalam forum ini, delegasi dibagi menjadi tiga kategori, yaitu fully funded, partial funded, dan self funded. Delegasi dengan fully funded tidak membayar apapun untuk program ini kecuali biaya perjalanan dari domisili ke lokasi meeting point di Jakarta

Program ini sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan dan wadah kepada pemuda Indonesia untuk memperluas wawasan di bidang pendidikan, sosial, kebudayaan dan teknologi. Program ini juga berpotensi membangun pola pikir yang baru melalui analisa  perbandingan  yang  objektif sehingga membawa langkah dan kebijakan baru dalam gerakan  pembangunan  masyarakat Indonesia.

Selama tujuh hari (21-27 November 2021) nanti, semua delegasi akan pergi ke berapa kota di Turki untuk melakukan berbagai kegiatan leadership dengan isu utama berupa pendidikan global.ujarnya

“Alhamdulillah, saya berhasil lolos sebagai salah satu dari enam delegasi utama dengan fully funded dalam forum pelajar Internasional ini. Selain ingin menimba ilmu, saya berharap program singkat yang akan saya jalankan di Turki ini mampu menjadi wadah bagi saya untuk memperkenalkan Gayo lebih luas, khususnya melalui peran saya sebagai pemuda Gayo. Mohon doanya, semoga saya bisa menjalankan tugas dengan baik” tutup Rahmat.kepada media ini melalui pesannya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini