Dandim Aceh Barat Bacakan Amanat Menteri Sosial RI Saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Laporan: Admin author photo
Dandim Aceh Barat Bacakan Amanat Menteri Sosial RI Saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Acehpress.com, ACEH BARAT | Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang ke - 76 Tahun dan mengenang jasa kusuma bangsa, Kodim 0105/Abar menggelar Upacara sederhana di Lapangan Makodim setempat Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Rabu (10/11/2021)

Pelaksanaan Upacara dilakukan sangat sederhana mengingat masih dalam suasana pandemi Covid - 19, dimana setiap peserta Upacara diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan dengan menggunakan Masker dan menjaga jarak dalam barisan.

Bertidak selaku lnspektur Upacara Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Perwira Upacara Kapten lnf Muhammaddar, Komandan Upacara Lettu lnf Suna'im, Pembaca UUD 1945 Lettu lnf Khairul Zein, S.H., dan Pembaca Pesan - Pesan Para Pahlawan Sertu lmanuddin.

Dalam Upacara tersebut, Dandim 0105/Abar membacakan amanat Menteri Sosial RI yang menyampaikan bahwa pada hari ini diseluruh pelosok tanah air memperingati dan melaksanakan Upacara Berdera serta mengheningkan cipta serentak selama 60 detik (1 menit) guna memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 dengan khidmat.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2021 "Pahlawanku lnspirasiku", yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanan nilai - nilai kepahlawanan. Layaknya yang dikumandangkan oleh Sang Proklamator Bung Karno "Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya".

Seperti diketahui, pertempuran Surabaya yang menjadi cikal bakal Hari Pahlawan terjadi pada 10 November 1945. Ketika itu, Republik lndonesia yang baru seumur jagung harus menghadapi ancaman militer tentara sekutu.

"10 November merupakan Hari Pahlawan Nasional dan sangat bersejarah bagi Bangsa lndonesia. Ini momen tepat untuk mengenang jasa para Pahlawan sebagai kusuma Bangsa dalam mempertaruhkan jiwa raganya di Medan perang demi kemerdekaan lndonesia. Pada masa itu juga pendiri Bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga, Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika bersatu. Untuk itu, Kita harus gelorakan semangat Gotong Royong serta Persatuan dan Kesatuan lndonesia", tegas Dandim

Sebagai momen reflektif, Hari Pahlawan ini harus Kita contoh dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun.

"Dalam 20 Tahun mendatang, Kita akan memasuki "Bonus Demografi", yaitu Periode dimana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam Periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan musuh nyata yakni kemiskinan dan kebodohan", imbuh Dandim

Diakhir amantanya, Dandim mengajak seluruh Prajurit untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Share:
Komentar

Berita Terkini