Sebagai Cikal Bakal Mesin Pemerintahan, CPNS Aceh Barat Dibina Oleh Perwira Kodim 0105/Abar

Laporan: Admin author photo

Acehpress.com, ACEH BARAT | Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., yang diwakili oleh Danramil 10/Woyla Barat Kapten lnf Herinizal sampaikan materi Wawasan Kebangsaan kepada peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Formasi Umum Tahun 2019 Golongan lll Angkatan lV Pemkab Aceh Barat T.A 2021 yang digelar di Aula Asrama Putri Pocut Baren Jalan lskandar Muda Desa Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (6/11/2021)

Mengapa Wawasan Kebangsaan begitu penting bagi CPNS. Sebab, merekalah cikal bakal Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki peranan sebagai instrumen penting dalam menjalankan roda Pemerintahan. Untuk itu perlu adanya pembinaan dan peningkatan pemahaman Wawasan Kebangsaan terkait ideologi Pancasila hingga Bela Negara.

Untuk itulah Kapten lnf Herinizal sampaikan nilai - nilai Bela Negara sebagai indikator kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, selain sebagai motor penggerak dalam menjalankan roda Pemerintahan, abdi negara juga harus menyadari betapa pentingnya peran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.

"CPNS adalah salah satu ASN sebagai ring pertama, untuk itu harus memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. CPNS harus mampu menjadi role model bagi masyarakat dalam mengaktualisasikan nilai - nilai Pancasila dan Bela Negara dalam kehidupan sehari - hari. PNS pun dituntut menjadi garda terdepan dalam mempertahankan karakter dan jati diri bangsa", tegas Kapten Herinizal

Kapten Herinizal menambahkan, PNS merupakan warga yang berkarier dan mendapatkan peran strategis dalam keberlangsungan negara. Karena PNS bisa masuk kedalam sitem negara disemua lini maupun sektor.

"Sebagai CPNS, harus dapat memahami keberadaan jati diri terhadap lingkungan sekitarnya. Karena hal tersebut merupakan penjabaran dari falsafah bangsa yang disesuaikan dengan keadaan wilayah. Oleh sebab itu, sebagai CPNS harus dibekali dan bisa mengaplikasikan kandungan nilai Wasbang dan Belaneg yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, rela berkorban serta bisa mengamalkan UUD 1945", tandas Kapten Herinizal.

Harapannya, setelah mendapatkan materi dari Kapten lnf Herinizal, para peserta Latsar CPNS mampu memahami dan mempraktekkan Wawasan Kebangsaan dan Belaneg dalam NKRl sebagai dasar mengutamakan kepentingan nasional saat melaksanakan tugas dan fungsinya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini