Dalam Rangka HJK, Kodim 0101/BS Gelar Aksi Donor Kumpulkan 396 Kantong Darah

Laporan: Admin author photo
Dalam Rangka HJK, Kodim 0101/BS Gelar Aksi Donor Kumpulkan 396 Kantong Darah

BANDA ACEH | Dalam rangka Hari Juang Kartika (HJK) TNI-AD ke 76, Komando Distrik (Kodim) 0101/BS menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah yang di ikuti oleh aejumlah PNS, TNI jajaran Kodam dan Polri jajaran Polda Aceh. 

Bakti sosial donor darah yang dilakukan Kodim 0101/BS berlangsung Kamis (9/12/2021) di Aula Makodim kawasan Gampong Baru Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)  Kota Banda Aceh dan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) Kodam IM.

Kegiatan bakti sosial donor darah tersebut langsung turut hadir Dandim 0101/BS Kolonel Infantri Muhammad Nas, S.IP, Msi, Kasdim 0101/BS Letkol Inf Muhammad Fahdi, SH, Dokter Kesdam IM Mayor CKM Asnita(K), Dokter Kesdam IM dr. Priya, Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0101/Banda Aceh.

6 Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi dan  Para peserta perwakilan PNS/Polri jajaran Polda Aceh. 

Adapun para peserta donor yang mendaftar sebanyak ± 660 orang dari target 1.000 orang sehingga menghasilkan darah sebanyak 396 kantong dengan rincian :

Peserta yang mendaftar donor darah : 556 Orang, Peserta yang dapat donor darah : 396 orang, Peserta yang tidak dapat donor 160 orang dan Peserta yang tidak mendaftar donor 104 orang.

Pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut tetap dilakukan dengan Prosedur Protokol Kesehatan (Prokes) dengan cara mengantri, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Komandan Kodim (Dandim) 0101/Banda Aceh Kolonel Inf Muhammad Nas, S. IP, Msi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, kegiatan bakti sosial donor darah  ini merupakan perintah dari Kodam IM kepada kita dalam hal ini Kodim 0101/Banda Aceh untuk melaksanakan secara bersama-sama Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI AD yang ke-76.

Namun saya selaku Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat kata Dandim, menyadari sekali bahwa kita tidak dapat melakukan kegiatan ini secara sendiri tanpa sinergitas dan kolaborasi. 

walapun ini perintahnya dilaksanakan oleh Angkatan Darat, tetapi saya mengambil Inisiatif dengan melibatkan seluruh instansi yang ada, tidak hanya dari Kodim, saya juga melibatkan Balakpus dan Satpur dari jajaran kodam IM serta juga melibatkan dari pihak kepolisian maupun TNI AL yang ada di wilayah Kota Banda Aceh guna mensukseskan kegiatan ini. 

Semestinya kegiatan ini dilaksanakan secara rutin namun, hari ini kita buat secara khusus dan spesial dalam rangka ulang tahun Angkatan Darat yang ke-76, katan Dandim.  

Dandim menjelaskan, tugas dan wewenang jabatan saya ini adalah untuk beribadah dan membantu masyarakat sesuai dengan moto TNI AD yaitu membantu orang lain dan menyelamatkan nyawa orang lain sehingga kegiatan donor darah ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan darah. 

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi menyampaikan, kegiatan donor darah ini merupakan sebagai sebuah momentum dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI AD yang ke-76 Kodam IM. 

Kegiatan donor darah ini juga merupakan tindak lanjut dari sebuah MoU yang sudah kita laksanakan dengan Kodam IM yang ditandatangani pada seminggu yang lalu.

Hari ini adalah merupakan bentuk kesadaran kita semua yang alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran semua pihak dalam melaksanakan donor darah untuk misi kemanusiaan, kata Dedi. 

Dedi menambahkan, kegiatan donor darah ini juga merupakan komitmen dari TNI AD untuk bersama rakyat, bersinergi dengan rakyat dan untuk membantu masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan  darah. 

Kami dari PMI Kota Banda Aceh mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kodam IM dalam hal ini juga Kodim 0101/Banda Aceh yang secara langsung di tinjau oleh Dandim 0101/Banda Aceh Kolonel Inf Muhammad Nas, S. IP, Msi sehingga mudah-mudahan target 1000 kantong darah bisa terima capai, harap Dedi. 

Kegiatan fonor darah hari ini tampak tidak hanya dari TNI saja yang hadir melainkan dari pihak kepolisian juga hadir dalam membantu masyarakat untuk melakukan donor darah, pungkas Dedi. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini