Kodim 0105/Abar Sumbang 50 Kantong Darah Dalam Peringatan Hari Juang TNl AD

Laporan: Admin author photo
Kodim 0105/Abar Sumbang 50 Kantong Darah Dalam Peringatan Hari Juang TNl AD

ACEH BARAT | Dalam rangka menyambut Hari Juang TNl AD yang jatuh pada tanggal 15 Desember nanti, Kodim 0105/Abar menggelar aksi Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah di Aula Makodim setempat Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (9/12/2021)

Dalam pelaksanaannya, Kodim 0105/Abar bekerjasama dengan Para Medis dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dien dengan melibatkan ± 50 Pendonor yang terdiri dari Anggota Kodim 0105/Abar beserta lbu - lbu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVlll Koorcab Rem 012 PD lskandar Muda, Denpom lM 02/Meulaboh, Polres Aceh Barat, Mahasiswa UTUN dan STAIN TDM.

Sebelum mendonorkan darahnya, si Pendonor melaksanakan prosedur rapid test terlebih dahulu sebagai langkah awal diagnosis tidak terpapar virus Covid - 19. Dimana rapid test antibody dilakukan oleh Labkesda dengan cara mengambil sample dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. 

Apabila hasilnya menunjukkan non reaktif, maka Para Pendonor melanjutkan pengecekan tekanan darah (tensi) dan HB darah oleh Petugas Medis UTD. Langkah selanjutnya jika dinyatakan sehat dan memenuhi syarat - syarat, maka Pendonor akan diambil darahnya.

Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hari Juang TNl AD yang ke 76 tahun. 

"lni merupakan salah satu wujud nyata TNl adalah bagian dari Rakyat. Sesuai slogannya yakni TNl Manunggal dengan Rakyat serta berjuang bersama Rakyat dalam hal menciptakan soliditas dan kepedulian terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian terlebih di masa pandemi Covid - 19 seperti saat ini", terang Dandim

Lebih jauh Dandim berujar, melalui kegiatan Donor Darah ini setidaknya bisa membangkitkan semangat dan kesadaran betapa pentingnya rasa persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesama manusia. 

"Mari Kita semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan ataupun kesulitan sesama yang membutuhkan sumbangsih pertolongan. Sebab, setetes darah yang Kita sumbangkan secara suka rela dapat berfungsi dan bermanfaat bagi orang lain. Donor darah ini juga bisa sebagai antisipasi kekurangan stock darah di Palang Merah lndonesi (PMl) dan RS. Cut Nyak Dien", gamblang Dandim.

Pantauan di lokasi, selama registrasi administrai dan proses pengambilan darah tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Dimana seluru Pendonor ataupun Tenaga Medis wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik. Dan hasilnya, sebanyak 50 Kantong darah dari berbagai Golongan terkumpul. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini