Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Bantu Petani Di Persawahan

Laporan: Admin author photo
Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Bantu Petani Di Persawahan

ACEH BARAT | Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Johan Pahlawan Kodim 0105/Aceh barat Sertu Kemis Jalmono bersama Serda Munawar melaksanakan pendampingan sekaligus membantu Petani mencabut bibit dan menanam padi di lahan Sawah milik salah seorang Petani yang ada di Desa Kampung Darat  Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (2/12/2021). 

Dalam kesempatan itu, Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan saat mendampingi Petani menggungkapkan, bahwa dari pihak TNI AD akan senantiasa terus membantu Petani dalam hal meningkatkan Ketahanan Pangan nasional. Baik mulai dari pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga pemanenan nantinya. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan Swasembada Pangan khususnya di wilayah teritorial Koramil 07/Johan Pahlawan.

“layaknya hari ini, Kami ikut terjun ke Sawah guna membantu meringankan beban para Petani. Tadi Kita membantu mencabut bibit, kemudian mengangkutnya hingga sampai proses menanam sistim Tandur (Tanam Mundur)", ceritera Sertu Kemis

Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan pendampingan kepada Petani yang ada di wilayah binaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Menurutnya, ini sudah merupakan tugas Babunsa sebagai Aparatur Komado Kewilayahan membantu warganya terutama dalam hal Pertanian.

"Seperti kegiatan diawali mencabut bibit dan menanam yang sedang Kami kerjakan ini adalah merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat khususnya Petani. Kehadiran Kami tidak cukup hanya memberikan motivasi semata, namun lebih afdol aplikasi praktek sumbangan tenaga", imbuh Sertu Kemis sambil guyon

Di tempat terpisah, Danramil 07/Johan Pahlawan Kapten lnf Hendra Saputra menyampaikan bahwa apa yang telah di laksanakan oleh Babinsa Koramilnya adalah suatu bentuk kepedulian TNI mendukung Program Pemerintah dalam nawacitanya yakni meningkatkan Ketahanan Pangan demi mensejahterakan masyarakat terutama para Petani. Bila hasil gabah melimpah, secara otomatis Petani pasti sumringah.

"Perlu diketahui, Babinsa melaksanakan pendampingan kepada para Petani bukan hanya saat panen Padi saja, akan tetapi juga di saat penyemaian bibit, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai masa panen. Bahkan tak jarang Babinsa juga membantu dalam pemasarannya. Seperti apa yang saat ini tengah Babinsa lakukan ialah sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para Petani agar kehidupannya kelak makin makmur", ulas Danramil

Kapaten Hendra menambahkan, untuk menambah produktivitas panen padi kali ini, Kita telah menghimbau kepada para Petani agar mengupayakan percepatan masa persiapan tanam bulan Omar.

“Dengan mengerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang ada dan perluasan lahan Sawah, maka tidak mustahil target produksi Padi dapat dicapai. Meskipun ini bulan Maulid, Kami tetap menghimbau masyarakat agar tidak mengabaikan Sawahnya. Penanaman Padi harus dikejar apalagi kebutuhan air tengah masa mencukupi,” pungkas Kapten Hendra. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini