Muspika Glumpang Baro Bersihkan Makam Ulama dan Sniper Penembak Jendral Kohler

Laporan: Admin author photo
Muspika Glumpang Baro Bersihkan Makam Ulama dan Sniper Penembak Jendral Kohler

Acehpress.com, PIDIE | Muspika Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie Propinsi Aceh Hari ini Rabu Tanggal 01/12/2021 Melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial berupa Pembersihan Makam Ulama Tgk Hanifah ( Tu Ulee Glee ) dimana beliau Syahid di Kawasan Pantee Raja ( Pidie Jaya ) dalam aksinya menyerang Benteng Pertahan Portugis pada Tahun 1521, menurut cerita warga beliau dibawa Pulang Oleh Kudanya sendiri ke Glumpang Payong yaitu suatu kawasan yang berada dalam Wilayah Kecamatan Glumpang Baro lalu beliau dimakamkan di wilayah tersebut, Kata Camat Glumpang Baro Muhammad Naufal,S.STP.

Sementara itu Kapolsek Glumpang Baro, Ipda Zulkifli,SH mengatakan bahwa, disamping adanya Makam Tu Ulee Glee juga terdapat satu Makam lagi yang begitu besar Jasnya untuk Negeri ini yaitu Makam Tgk. Imum Leungbata dimana beliau merupakan seorang Sniper Muda yang telah berhasil menembak mati seorang Jendral Belanda yang telah menghancurkan Mesjid Kebanggaan Masyarakat Aceh yaitu Mesjid Raya Baiturrahman .

Menurut acerita yang beredar Tgk.Imum Luengbata ketika itu bersembunyi diantara reruntuhan Mesjid Baiturrahman yang telah dihancurkan oleh seorang Jendral Belanda yang bernama Kohler dan ketika jendral Kohler sedang melakukan inspeksi Pasukannya dihalaman Mesjid tersebut,Tgk Imum Luengbata yang ketika itu baru berusia 19 Tahun melakukan penembakan dan tembakan tersebut mengenai tepat didada jendral Belanda tersebut sehingga Jendral Kohler tewas ditempat,sambung Danramil 25 Kapten.Inf. Akhiran melalui Serma Herman,S yang ikut diaminkan oleh warga setempat.

Amatan Wartawan Acehpress kegitan Bhakti Sosial teraebut dilakukan bersama antara TNI - POLRI dan juga Pegawai Kantor Kecamatan serta warga sekitar sehingga Makam tersebut kembali bersih dan indah dipandang mata. (*)

Sumber : Abdullah Said

Share:
Komentar

Berita Terkini