TNI di Abdya Dorong Warga Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Cabai

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya | Dalam rangka mendorong ketahanan pangan di masa pandemi, anggota Babinsa Kodim 0110/Abdya secara aktif terus mengajak petani memberdayakan lahan kosong menjadi lahan produktif. 


Hal tersebut salah satunya ditunjukan oleh Serda Adi Triono anggota Babinsa dari Koramil 09/Lembah Sabil mendorong serta membantu petani mentransformasikan lahan tidur menjadi kebun cabai di Desa Cot Bak'U Kecamatan Lembah Sabil. 


Dalam konfirmasinya tertua Koramil setempat, Serma Hesvia mengatakan untuk mendorong kekuatan ekonomi petani khususnya di masa pandemi pihaknya siap sedia mendampingi dan membantu warga membuka lahan nganggur untuk produktivitas pertanian. 


"Kita akan bantu dan dukung kegiatan positif warga. Terlebih kegiatan itu produktif untuk ekonomi," kata Serma Hesvia di Blangpidie, Sabtu (18/12). 


Serma Hesvia mengungkapkan untuk memulai produktifkan lahan tidak semudah yang dibayangkan. Kendala dan aral di lapangan menjadi dalil utama penyebab masih banyaknya lahan tidur yang belum produktif. 


"Salah satu alasan dari mereka pembersihan dan pembukaan lahan. Oleh karena itu dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada kita bantu prosesinya, dengan pesan utama hindari pembakaran," ujarnya. 


Kini, lanjut Serma Hesvia, hasil dari kegiatan tersebut telah membuahkan hasil. Tingkat ekonomi petani binaannya tidak hanya bergantung pada hasil panen padi saja, namun juga tertransfusi dari hasil pertanian cabai.


"Semoga ini menjadi contoh untuk petani lain. Apapun niatnya jangan ragu untuk memulai," tandasnya. 


Share:
Komentar

Berita Terkini