Jamaluddin Sukses Kembangkan Anggur di Gampong Alue Sijuek, Peudada Bireuen, Aceh

Laporan: Admin author photo
Jamaluddin Abu Bakar bersama tanaman anggur di Gampong, Alue Sijuek, Peudada, Bireuen, Aceh yang Ia Tanami berbuah lebat.

JAKARTA | Salah seorang Putra Aceh kelahiran Alue Sijuek, Peudada, Bireuen, Aceh, yang kini aktif dibisnis multimedia di Jakarta Tarmizi Age akrab disapa ALMukarram, menyampaikan selamat kepada anak muda rajin dan kreatif  di kampung halamannya, Ia adalah  Jamaluddin Abu Bakar yang telah sukses membudidayakan "Anggur dan Jernang" di Kampungnya, di Alue Sijuek, Aceh, katanya, Minggu (2/1/2022).

Diceritakan Tarmizi Age,  pada mulanya Jamaluddin yang akrab disapa Boss memulai tanaman anggur ini pada tahun 2020 dari nol, bahkan pada awalnya mengalami masalah yang cukup serius menyangkut bibit busuk dan gagal tanam, namun semangat anak muda Alue Sijuek yang juga sukses di tanaman Jernang (Daemonorops) ini tidak pernah pudar.

Menurut apa yang disampaikan si Boss, bibit anggur yang ia kembangkan itu berasal dari Amerika, Ukraina, Jepang dan Hindia, namun tumbuh subur di Gampong Alue Sijuek, dan diyakini akan tumbuh bagus dimanapun di Aceh, sebut Jamaluddin.

Jamaluddin berkeinginan Gampong Alue Sijuek menjadi "Alue Sijuek Gampong Wisata Anggur" dan atau "Alue Sijuek Gampong Anggur," karena Anggur yang ditanaminya kini mulai berbuah lebat dan ramai dikunjungi hampir saban hari oleh para wisatawan pencinta anggur, kata Boss, sebagaimana di sampaikan Tarmizi Age yang pernah tinggal di Denmark,  Eropa.

Bagi yang tertarik dengan tanaman anggur Jamaluddin juga menyiapkan bibit untuk dibeli oleh orang ramai, silakan hubungi dirinya di nomor +62 823-6188-6081.

Kini di kebun anggur Jamaluddin memiliki 5 pekerja tetap baik tenaga dari kampung dimana kebun anggur beroperasi dan tenaga dari dari luar.

Dan dalam satu keadaan yang membutuhkan ramai orang, tentu kami sangat mengutamakan orang kampung seperti saat ada orderan bibit dalam sekala besar, mereka akan diajar menyiapkan bibit yang bagus termasuk mengisi tanah ke polybag.

Jamaluudin mengucapkan tetimakasih atas dukungan sekecil apapun dan dari manapun sehingga tanaman anggur ini berkembang maju dari Gampong Alue Sijuek, Peudada, Bireuen, untuk Aceh dan Indonesia. (*)

Sumber : Tarmizi Age

Share:
Komentar

Berita Terkini