Jelang Panen, TNI di Blangpidie Cek Kematangan Padi

Laporan: Heri Purwanto author photo
Jelang Panen Babinsa di Blangpidie cek kematangan padi

 

ACEHPRESS, Abdya - Babinsa Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya Sertu Joni Warman memantau perkembangan tanaman padi di desa binaannya, di Phanton Kecamatan Blangpidie, Senin (7/2).

 

Dalam pemantauannya tersebut Sertu Joni yang didampingi Ketua Kelompok Tani setempat mengecek kualitas tanaman padi mulai dari daun dan batang. Tidak terhenti di situ ia juga melakukan identifikasi terhadap serangan hama.

“Kalau ada kendala dan perlu bantuan jangan sungkan telpon saya,” ujar Babinsa.

Lebih lanjut, Sertu Joni menyarankan  agar tanama padi tersebut diintensifkan pemupukannya agar lebih tumbuh subur perkembangan daun dan batangnya, demikian juga dalam hal penggunaan air.

Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Mohd Arifin dalam konfirmasinya menerangkan bahwa pihaknya berupaya sebisa mungkin untuk menyukseskan program nasional swasembada pangan khususnya beras.  Oleh karena itu jajarannya senatiasa melakukan pendampingan petani dengan cara turun langsung ke sawsah.

“Bersama dengan tim penyuluh serta perangkat terkait lainnya, kami juga melakukan sosialisasi dan aplikasi di lapangan seperti teknis cara perawatan padi, pengendalian hama, sampai dengan tahap terakhir pengubinan,” ungkapnya.

Pasiter  berharap upaya khusus (Upsus) yang telah dilakukannya tersebut berdampak pada peningkatan produktivitas pertanain, agar taraf ekonomi rakyat di masa pandemi stabil dan meningkat.

Share:
Komentar

Berita Terkini