Sukses Kembangkan Magot, Kini Aslog Kasdam IM Budidayakan Azolla

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh -- Sukses mengembangkan budidaya magot dengan memanfaatkan sampah-sampah yang ada, kini pria kelahiran Bengkulu, pada Februari 1971 yakni Kolonel Cpl Reki Feriyanto, S.E, jabatan Aslog Kasdam IM, juga tengah mengembangkan tanaman azolla.


"Tanaman azolla salah satu sebagai pakan alternatif untuk unggas," kata Aslog Kasdam IM disela-sela melihat tanaman azolla di Lhoknga, Aceh Besar, Minggu 13/2/2022.

Dikatakan, Azolla merupakan jenis tumbuhan paku yang hidup mengapung di permukaan air. Tanaman ini kaya nutrisi, protein, vitamin A, B12 dan Beta karoten, serta mineral.

Tanaman azolla salah satu sebagai pakan alternatif untuk unggas," ujar Aslog Kasdam IM disela-sela melihat tanaman azolla di Lhok Nga Aceh Besar

Dijelaskannya bahwa Azolla merupakan jenis tumbuhan paku yang hidup mengapung di permukaan air. Tanaman ini kaya nutrisi, protein, vitamin A, B12 dan Beta karoten, serta mineral.

"Azolla ini bisa untuk pakan ternak, unggas, ikan bahkan sebagai pupuk tanaman," jelas Kolonel Cpl Reki Feriyanto.

Menurutnya, azolla dapat menjadi pakan alternatif dan sangat mudah dibudidaya, hingga para peternak dapat mengatasi ketergantungan kepada pakan pabrikan yang harganya kian naik.

Aslog Kasdam IM mengatakan, siapa saja yang ingin belajar dapat mendatangi lokasi budidaya azolla di Lhoknga, Aceh Besar.

"Belajar budidaya ini dibuka untuk siapa saja dan tidak dipunggut biaya apapun, alias gratis. Belajar 5 menit sudah bisa dari A sampai Z," pungkasnya.


Share:
Komentar

Berita Terkini