Kadisdik Aceh Tinjau Try Out UTBK di Banda Aceh

Laporan: AYU author photo



BANDA ACEH, - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri MM didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh – Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani, S.Pd., M.Pd meninjau pelaksanaan Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di SMAN 5 Banda Aceh, SMAN Labschool Banda Aceh, dan SMAN Fatih Bilingual School Banda Aceh. Senin (7/3/2022).

Alhudri di sela-sela peninjauan mengatakan, pelaksanaan try out ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan agar para siswa/i memiliki bekal dalam menghadapi ujian akhir Asesmen Nasional(AN), dan bekal saat tes masuk perguruan tinggi.

“Mudah-mudahan dikabulkan oleh Allah SWT. Ini adalah salah satu usaha kita dalam meningkatkan lulusan dan banyak diterimanya di perguruan tinggi nantinya,” kata Alhudri.

Alhudri menuturkan, try out ini dilaksanakan secara serius tidak hanya di Banda Aceh dan Aceh Besar melainkan juga di seluruh sekolah di Aceh. “Kemarin saya juga melihat pelaksanaan try out di Nagan Raya, Abdya, dan Aceh Selatan,” kata Alhudri.

Untuk tingkat kelulusan, Alhudri mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Aceh tidak mematok target akan tetapi dirinya telah membuat pakta integritas dengan seluruh kepala cabang dinas di kabupaten/kota agar mengupayakan supaya tingkat kelulusan dan tingkat diterima di perguruan tinggi lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami akan terus tetap berusaha untuk menjadi lebih baik, kami dengan Kacabdin dari kab/kota telah melakukan pakta integritas dan ini adalah untuk memotivasi agar tingkat kelulusan lebih tinggi,” kata Alhudri.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh – Aceh Besar, Syarwan Joni menjelaskan bahwa try out UTKB ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan SMA Kota Banda Aceh dan Aceh besar di bawah koordinasi Cabang Dinas Pendidikan, adapun Untuk di teknis pelaksanaanya ada di MKKS atau kepala sekolah dari masing-masing sekolah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan kolektif yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Aceh untuk menyongsong terwujudnya Aceh Carong sebagaimana program Pemerintah Aceh,” kata Syarwan.

Lebih lanjut Syarwan menuturkan, walaupun Banda Aceh dan Aceh Besar berada di bawah koordinasi cabang dinas yang sama, namun pelaksanaan try out UTBK tidak dilakukan dalam jadwal yang bersamaan.

“Tentunya pelaksanaan ini tidak lepas dari koordinasi, petunjuk dan arahan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Aceh, adapun kami memiliki tanggung jawab besar untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata Syarwan.

Sementara itu,salah seorang siswa peserta try out UTBK, Agil Muqni mengaku, sangat terbantu dengan adanya try out ini. Menurutnya, dengan try out dapat membuat mereka lebih siap saat menghadapi ujian asesmen nasional bahkan untuk masuk ke perguruan tinggi.

“Saya berharap try out seperti ini terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya agar adik – adik kelas kami nantinya juga dapat merasakannya, sehingga memudahkan saat mengikuti ujian akhir asesmen nasiasional,” katanya. (Adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini