Potong 3 Ekor Sapi, Kodim Abdya 'Meugang' Ramadhan Bersama Anak Yatim dan Warakawuri

Laporan: Heri Purwanto author photo
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi secara simbolis menyerahkan bantuan daging Meugang kepada anak Yatim, Ustadz dan Warakawuri


ACEHPRESS, Abdya- Kodim 0110/Abdya melaksanakan pemotongan 3 ekor hewan ternak untuk menyambut tradisi Meugang Ramadhan 1443 H, Kamis (31/3). 


Kegiatan pemotongan tersebut berlangsung di lapangan Pandu Sakti Asmil Kodim 0110/Abdya, di Desa Pasar Kecamatan Blangpidie. 


Turut hadir Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi didampingi koordinator kegiatan Pasilog Lettu Inf Edi Mailiswar. 


Di sela kegiatan, Pasilog mengatakan pemotongan 3 ekor sapi ini berasal dari swadaya satuan. Wacana ini dicetus langsung oleh Komandan Kodim sejak jauh hari. 


"Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan YME kita memiliki pimpinan yang sangat baik dan peduli terhadap kesejahteraan prajurit," ungkapnya. 


Pasilog menyebutkan, bagi masyarakat Aceh khususnya Abdya kegiatan Meugang sudah menjadi tradisi turun temurun. Tradisi ini biasa dilakukan 2 atau 1 hari sebelum puasa/hari raya. Di hari istimewa itu setiap kepala keluarga memiliki kewajiban moral kepada keluarganya membawa pulang daging untuk dimasak dan dinikmati bersama. 


"Dalam tradisi Meugang ini besar kecil daging tidak dilihat. Yang dilihat itu ketulusan moral dan keberkahan dari kepala keluarga," jelas Pasilog yang juga merupakan putera asli Abdya. 


Lanjutnya, daging sapi yang sudah dipotong-potong dan dibungkusin tersebut kemudian dibagikan kepada seluruh prajurit, pengurus Yayasan PAUD/TK dan warakawuri lingkungan dalam. 


Selain dibagikan untuk intern keluarga besar TNI, daging Meugang ini juga dibagikan kepada para ustadz pengurus Musholla, anak yatim dan warga binaan Kodim 0110/Abdya. 


Penyerahan daging Meugang tersebut secara simbolis diberikan langsung oleh Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi. 


Share:
Komentar

Berita Terkini