Sertu Eko Purwanto, Babinsa Teladan dari Kodim 0104/Aceh Timur

Laporan: AYU author photo


Langsa - Nama Sersan Satu (Sertu) Eko Purwanto sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, khususnya para petani di wilayah Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, Aceh.

Prajurit yang bertugas di Koramil 11/Birem Bayeun, Kodim 0104/Aceh Timur, Korem 011/Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda ini dianggap sebagai Babinsa teladan sekaligus pelopor bagi para petani, yang sukses membantu mengangkat perekonomian masyarakat pedesaan.

Sertu Eko Purwanto berhasil menginisiasi pembuatan pupuk berbahan organik dari enceng gondok dan isi perut ikan yang terbukti mampu meningkatkan produktifitas tanaman padi petani.

Salah satu pupuk ciptaannya dinamai pupuk "Egois Plus". Hasil karyanya itu terbukti mampu meningkatkan produktifitas tanaman padi sehingga pendapatan petani daerah binaan dan sekitar meningkat.

Menurut Eko Purwanto saat dikonfirmasi, Senin (21-03-2022) mengatakan, pupuk berbahan dasar Enceng gondok dan isi perut ikan tersebut bisa meningkatkan produksi tanaman. Ia mencontohkan di wilayah Kecamatan Birem Bayeun, tanaman padi yang biasanya 3-4 ton per hektar sekali panen, apabila menggunakan pupuk Egois Plus ini hasil bisa lebih meningkat menjadi 5-6 ton per hektar.

“Bahan pupuk Egois Plus ini, telah diuji coba pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 oleh kelompok tani di wilayah Kecamatan Birem Bayeun, dan hasilnya terbukti, hasil panennya bisa meningkat, dari 3-4 ton per hektar, sekarang menjadi 5-6 ton perhektar,” katanya.

Tak hanya itu, Sertu Eko Purwanto juga menciptakan pupuk lainnya seperti G-2000 untuk kayu gaharu, Viter untuk Vitamin ternak, Asam Amino untuk Ikan dan udang, Plankton untuk ikan dan udang.

Sertu Eko juga berharap, Babinsa yang ada dijajaran di Kodim 0104/Atim agar dapat membuat pupuk yang terbuat dari enceng gondok tersebut. Karena sebagai Babinsa harus bisa meningkatkan ketahanan pangan disuatu desa dan langsung mendampingi para petani dalam penanaman padi.

"Semoga bermanfaat bagi semua komunitas petani dan Teritorial," harapnya.

Sementara, warga Payabili Sa Supiyan saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada TNI khususnya Kodam Iskandar Muda yang mendukung program pemerintah tentang pertanian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih kepada TNI khususnya kepada Babinsa yang telah mendukung program pertanian. Dengan adanya pupuk Egois Plus, hasil panen padi kami bisa meningkat, semula dari 3-4 ton sekarang menjadi 5-6 ton perhektar,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, bahwa peran Babinsa selama ini sangat membantu dalam kegiatan turun kesawah dan selalu mengajak dan memberikan masukan tentang meningkatkan ketahanan pangan.

"Selain itu juga, Babinsa selalu membangun komunikasi yang baik dengan aparatur desa dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan di desa," pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini