MPR dan Mendagri Republik Indonesia Bicara Bendera Aceh, Eks GAM Denmark Minta Seluruh Butir MoU Helsinki Bisa Diimplementasi

Laporan: Admin author photo
Foto/Dok.lama/Tarmizi Age dan Ahmad Muzani (sekarang wakil ketua MPR)

JAKARTA | Pertemuan antara Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk membicarakan di antaranya soal kemungkinan pengibaran bendera Aceh di bawah bendera merah putih Rabu 13 April 2022 di gedung Parlemen RI, mendapat apresiasi dari Eks GAM Denmark Tarmizi Age.

AL Mukarram nama lain Tarmizi  Age akrab disapa teman-temannya yang juga manta ketua Komite Monitoring Perdamaian dan Demokrasi (KMPD) Perwakilan Aceh di Eropa, menyampaikan terimakasih atas keinginan pemerintah indonesia dalam melaksanakan amanah MoU Helsinki secara tuntas di Aceh, sesuai yang ditanda tangani bersama Pemerintah Indonesia - Gerakan Aceh Merdeka pada 2005 di Finlandia, katanya.

Walaupun perjanjian kini sudah makan masa hampir 17 tahun, namun usaha dan keseriusan  teman-teman Aceh di DPR RI seperti Fadhlullah yang akrab disapa Dek Fad adalah merupakan perjuangan yang berterusan untuk Aceh.

Keiklasan wakil ketua MPR Ahmad Muzani dalam membantu Serambi Mekkah prihal implementasi hasil MoU Helsinki, dibarengi dengan sikap Mendagri Tito Karnavian, ini seakan menghidupkan kembali suasana yang sudah redup selama 16 tahun.

Sebagai orang Aceh yang pernah keluar masuk hutan saat konflik, tentu masih berharap pemerintah Aceh bisa menjalankan pemerintahan sendiri sesuai hasil kesepakatan MoU Helsinki di Aceh, agar perdamaian Aceh langgeng dan abadi, serta tidak ada celah konflik kembali kambuh di Tanah Rencong tutup Tarmizi Age. (*)

Sumber : Tarmizi Age

Share:
Komentar

Berita Terkini