Apkowil di Abdya Turut Pastikan Stok Beras Aman Hingga Hari Raya Idul Adha

Laporan: Heri Purwanto author photo
Ukur stok pangan jelang Idul Adha, Babinsa di Abdya Komsos dengan pedagang beras


ACEHPRESS, Abdya- Aparat Komando Kewilayahan Kodim 0110/Abdya turut memastikan stok beras di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) aman hingga perayaan hari raya Idul Adha 1443 H mendatang. 


Kepastian ini diklaim menyusul tingginya persentase tonase panen padi di seluruh wilayah dalam kabupaten setempat berlangsung sejak  Mei lalu. 


"Hasil laporan anggota kita di lapangan, stok beras aman sampai dengan Idul Adha nanti," terang Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Azwani kepada pewarta di Blangpidie, Senin (27/6/2022). 


Pasiter menjelaskan pada bulan Mei-Juni stok gabah di wilayah teritorialnya itu berlimpah karena pada bulan tersebut para petani baru khatam merampungkan panen. Selain komoditi padi, tanaman pangan lainnya seperti Jagung, kedelei dan kacang juga turut membanjiri pasar. 


Disinggung soal kestabilan harga, Pasiter menyebutkan pihaknya bersama dengan Bulog dan sinergi terkait lainnya telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan stabilisasi harga. Salah satu upaya itu dilakukan dengan cara memaksimalkan skema penyerapan gabah petani (Sergap) dari sisi hilir dan hulu. 


"Kita meyakini, stok pangan ini aman dan terjangkau. Karena kita tahu semua pihak terkait dari jauh hari telah melakukan berbagai upaya untuk opsi ini," singkatnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini