Ini Kata Kalak BPBD Pidie, Terkait Kebakaran Rumpun Bambu

Laporan: Admin author photo

SIGLI | Puluhan Rumpun Bambu dalam seekan terbakar di Pidie. laporan Damkar BPBD Pidie, sejak tanggal 2 sampai 10 Juni 2022 ada 14 kejadian kebakaran rumpun bambu yang tersebar dibeberapa kecamatan dalam Kabupaten Pidie.

Kejadian kebakaran rumpun bambu ini oleh berbagai sebab, seperti rembesan dari pembakaran sampah ataupun dari pengasapan kandang sapi. 

Seperti dalam laporan Plt Kalak BPBD Pidie, Romi Satria, S.T.,M.Eng., PhD., pada Jum'at (10/06/2022) melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Damkar, NS. Syahrial, S.Kep., M.K.M., telah terjadi kebakaran rumpun bambu di Gampong Mesjid Lam Ujong, Kecamatan Indrajaya.

Penyebab kebakaran ini dari pengasapan kandang sapi milik Khatijah (60), setelah kayu bakar  dinyalakan sekitar kandang, tanpa pengawasan, sehingga api menjalar ke tumpukan jerami dan seterusnya ikut membakar Peurdieng Trei (rumpun bambu) yang berdekatan dengan kandang sapi.

"Kejadian sekira pukul 02.30 wib ini, segera direspon oleh petugas Damkar kita, 2 (dua) unit armada damkar dikerahkan ke lokasi. Pukul 04.30 wib api berhasil dipadamkan", ungkap Kabid.

Kebakaran rumpun bambu kerap terjadi pada saat ini, cuaca panas sehingga daun rumpun bambu yang mengering juga mudah terbakar, sehingga perlu pengawasan sewaktu membakar sampah ataupun keperluan lain.

"Kita berharap kehati-hatian dari warga saat membakar sampah ataupun keperluan lainnya, sehingga api tidak merembes. Pastikan bara api tidak tersisa, saat meninggalkan tempat pembakaran," imbau NS Syahrial.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini