Tutup TMMD ke-113 Tahun 2022, Pangdam IM Ajak Semua Pihak Terus Bersinergi

Laporan: AYU author photo


GAYO LUES - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun 2022 di wilayah Kodam Iskandar Muda, Desa Sangir, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Kamis 09 Juni 2022.

Upacara penutupan tersebut sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-113 yang dilaksanakan serentak di empat di wilayah Kodam Iskandar Muda diantaranya, Kodim 0113/Gayo Lues, Kodim 0119/Bener Meriah, Kodim 0116/Nagan Raya dan Kodim 0103/Aceh Utara.

Dalam penutupan TMMD ke- 113 Tahun 2022 tersebut, Pangdam IM berkesempatan menyerahkan kunci rumah (RTLH) dan memberikan bantuan kepada masyarakat di Desa tersebut.

Pangdam IM dalam amanatnya mengatakan, TMMD sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, POLRI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

“Kegiatan TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana,” kata jenderal bintang dua ini.

Sejalan dengan tema TMMD kali ini, “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri”, mantan Danjen Kopasus ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita.

Menurut Pangdam, kemajuan teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya. Hal ini dapat dimulai dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/kota.

“Kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama. Ingatlah bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah,” ujar orang nomor satu di jajaran Kodam IM ini.

Menutup amanatnya, Mayjen TNI Mohamad Hasan berpesan khususnya kepada anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi di daerah masing-masing menjadi lebih maju, sehingga dapat bersaing dengan wilayah lainnya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” ungkap Pangdam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasi (PKO).

Untuk diketahui, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-113 ini secara resmi dibuka pada 11 Mei 2022 yang lalu, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan program TMMD ke-113 tersebut.

TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Turut hadir Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda, Ny. Ririx Hasan, PJU Kodam IM, Danrem 011/LW, Dandim 0113/Galus dan unsur Forkopimda Galus, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda Gayo Lues.
Share:
Komentar

Berita Terkini