Ops Aman Nusa II: Upaya Kepolisian Kendalikan Penyebaran PMK

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Polda Aceh sedang menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Aman Nusa II mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2022. Operasi ini fokus mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kasatgas Banops Aman Nusa II, Kombes Winardy mengatakan, operasi yang digelar tersebut sedang berjalan dan menitikberatkan sosialisasi dan edukasi di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah mengkoordinir instansi terkait yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di 23 kabupaten/kota untuk bersinergi dalam menangani dan menanggulangi PMK.

"Operasi Aman Nusa II ini lebih ke sosialisasi dan edukasi untuk menanggulangi serta menangani suspek PMK," kata Winardy, dalam keterangannya, Senin, 18 Juli 2022.

Ia merinci, terhitung 17 Juli 2022, total hewan ternak yang terinfeksi PMK berjumlah 37.525 ekor dan yang berhasil disembuhkan sebanyak 29.460 ekor. Sedangkan yang mati masih tetap 238 ekor.

Di samping itu, masyarakat juga diimbau, apabila mengetahui atau hewan ternaknya sendiri terinfeksi PMK agar segera melaporkannya kepada petugas untuk dilakukan penanganan.
Share:
Komentar

Berita Terkini