Jaga Keawetan Jalan Baru TMMD ke-114, TNI dan Tagana Tanam Pohon Produktif

Laporan: Heri Purwanto author photo

ACEHPRESS- Seratusan anggota gabungan TNI dan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penanaman 200 batang pohon produktif di sepanjang badan jalan baru di Desa Kayee Aceh Kecamatan Lembah Sabil, Senin (1/8/2022). 


Diketahui, penanaman pohon (reboisasi) ini digelar Kodim 0110/Abdya dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114, dilangsungkan di Desa Kayee Aceh, Lembah Sabil dari Selasa (26/7) hingga Rabu (24/8) mendatang. 


Salah satu progres dari agenda itu, TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD membuka badan jalan di areal perbukitan dengan panjang 2180 meter di titik ruas 1, dan 2380 meter di titik ruas 2.


Dansatgas TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui  Pasiter Satgas Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya maintenance (pemeliharaan) keawetan badan jalan dari resiko erosi. 


Ia khawatir di masa jangka panjang kontur bahu jalan yang berada di lereng bukit itu longsor tergerus air.


"Maka dari itu kita lakukan penanaman pohon, untuk mengikat kestabilan tanah," terangnya. 


Pasiter menyebutkan varian pohon yang ditanam tersebut meliputi jenis durian, Petey, jengkol, alpukat dan jambu. Ia berharap selain untuk mengikat tanah bahu jalan, tanaman produktif tersebut juga bermanfaat untuk tambahan ekonomi masyarakat setempat. 


Share:
Komentar

Berita Terkini