Dikawal TNI Polri, 145 Warga Susoh Terima Pupuk Bantuan

Laporan: Heri author photo
(Dok Humas Kodim), Babinsa Bhabinkamtibmas Meunasah dampingi penyaluran pupuk bantuan


ACEHPRESS, Abdya- Sebanyak 145 orang warga Desa Meunasah Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan pupuk pertanian, Jumat (2/9/2022).

Pupuk bantuan yang bersumber dari Dana Desa tahun 2022 tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Desa Amiruddin BS, didampingi Babinsa 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Sertu Afriadi bersama sinergi Bhabinkamtibmas Brigadir Fani.

Kades Amiruddin BS mengatakan, pupuk bantuan yang disalurkan ke seluruh warganya itu merupakan pupuk jenis NPK Phonska Plus (non subsidi). Bantuan tersebut dikucurkan untuk mendukung program tanam padi gadu 2022.

"Atas dasar mufakat bersama, pupuk ini kita beli untuk mendukung kebutuhan pertanian. Tidak hanya petani saja, warga selain petani pun juga dapat. Pupuk ini kita pilih selain bagus untuk padi, juga cocok digunakan untuk tanaman lainnya," ungkapnya.

Terpisah, Danramil 04/Susoh Kapten Inf Fajar Setyawan melalui Bati Tuud Serma Riatman mengatakan sebagian sawah di wilayahnya saat ini telah selesai dipanen dan bahkan ada yang langsung kembali memulai mengolah sawah.

Ia menyebutkan sebagian para petani di wilayahnya kini baru menyelesaikan kegiatan sambung olah sawah. Fase ini kemudian disusul dengan kegiatan penanaman padi dan pemupukan. 

Belajar dari pengalaman, dalam kondisi itu biasanya ketersediaan pupuk di pasar kerap terjadi kelangkaan. Menyikapi pengalaman tersebut perangkat desa dan masyarakat binaanya menyepakati untuk mengalokasi pupuk bantuan dari dana desa.

"Kita berharap bantuan pupuk ini bisa bermanfaat. Karena pada dasarnya ini juga dipergunakan untuk membangun kemajuan pertanian desa. Kelanjutannya ini akan tetap kita monitoring," tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini