Didorong Babinsa, Petani Lembah Sabil Raup Untung Jual Pembibitan Cabai

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Adya- Harga cabai di wilayah Aceh khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami pasang surut. Meski demikian tidak melunturkan semangat para petani setempat untuk mengolah budidaya tanaman cabai sebagai alternatif input ekonomi harian mereka. 


Menyikapi geliat tersebut para Babinsa yang tersohor sebagai king master-nya pertanian di wilayah terus mendorong warga mengolah usaha pertanian cabai mulai dari pembibitan. 


Pendampingan Babinsa ini salah satunya ditunjukan oleh Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Sertu Jimi, meninjau sentra pembibitan cabai di kawasan Meunasah Tengah Kecamatan Lembah Sabil, Selasa (18/10/2022). 


"Semangat warga untuk bertani cabai masih tinggi. Keuntungan mereka tidak hanya dari panen, namun juga dari penjualan bibit," ungkap Sertu Jimi di lokasi. 


Senada dengan itu pemilik lahan, Tengku Sapari mengatakan keberhasilan para petani cabai di wilayah ini tidak terlepas dari andil Babinsa. Babinsa senantiasa hadir memberikan dorongan kepada warga untuk bangkit mewujudkan ekonomi mandiri melalui sentra pertanian. 


"Termasuk lahan ini. Dulu semak dan nganggur tidak terpakai. Berkat dorongan Babinsa alhamdulillah lahan ini sudah bermanfaat untuk ekonomi," katanya. 


Sapari juga membenarkan selingan usaha pembibitan cabai miliknya ini telah menjadi Cuan. Bibit cabai dijual tidak hanya di dalam kota saja, namun juga diorder sampai luar daerah. 


"Kami menjual macam-macam bibit cabai mulai dari cabai keriting, cabai setan, dan abai teropong. Alhamdulillah di balik pedasnya cabai ini kami meraup berkah," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini