Peduli Keselamatan, TNI di Susoh Ingatkan Nelayan Waspada Cuaca Ekstrim

Laporan: Heri Purwanto author photo
Personel Babinsa di wilayah Susoh ingatkan nelayan agar waspada cuaca ekstrim. 


ACEHPRESS, Abdya- Personel Babinsa Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Serda Sutikno mengingatkan nelayan di kawasan Padang Baru Kecamatan Susoh untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi selama sepakan terakhir. 


Imbauan itu disampaikan Babinsa dengan bahasa humanis saat Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para nelayan pada Senin (17/10/2022). 


"Tetap waspada, karena cuaca akhir-akhir ini sering tidak menentu. Bila cuacanya tidak mendukung jangan paksakan untuk melaut," ujarnya. 


Babinsa mengatakan, belajar dari pengalaman, tingginya angka kecelakaan para nelayan di Aceh itu disebabkan karena faktor alam. Para nelayan kerap mengabaikan potensi resiko, padahal sebelumnya telah diperingati baik oleh petugas maupun alam itu sendiri. 


"Alam sudah mengingatkan, cuaca ekstrim itu biasa terjadi pada setiap peralihan musim. Dan tentunya peringatan ini pun sama dengan yang disampaikan petugas," katanya. 


Para nelayan setempat diarahkan agar dapat memonitor informasi prakiran cuaca melalui aplikasi atau situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebab, informasi cuaca tersebut sangat penting untuk menjadi panduan dalam memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melaut. 


Di samping harus awas terhadap kondisi cuaca, Babinsa juga mengingatkan kepada para nelayan agar sebelum melaut hendaknya melengkapi diri dengan peralatan keselamatan, seperti pelampung dan alat komunikasi.


"Saya harap ini bisa dipedomani karena untuk keselamatan kita juga. Materi hilang bisa kita cari, namun tidak untuk nyawa," tegas Babinsa. 


Share:
Komentar

Berita Terkini