Cegah Gagal Panen, Babinsa Cek OPT

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Babinsa Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya Serda Sukardi mendampingi petani binaan mengecek potensi hama pada tanaman padi yang tengah memasuki reproduktif di Desa Lhung Geulumpang Kecamatan Kuala Batee, Rabu (23/11/2022). 


Kegiatan pengecekan hama tersebut dilakukan menindaklanjuti sosialisasi Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (Gerdal OPT) yang digaungkan untuk mencegah kerugian petani akibat gagal panen. 


Dalam tinjauanya Babinsa mengatakan perlu dilakukan penyemprotan secara terpadu untuk menekan populasi hama di antara hama weureng. 


Terpisah, Pelaksana Danramil Kuala Batee Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan, kegiatan Gerdal OPT yang digencarkan pihaknya tersebut dilaksanakan sebagai upaya pengamanan terhadap produksi padi yang menunjang pada Ketahanan Pangan Nasional.


"Outputnya tetap, untuk menyukseskan program nasional Ketahanan Pangan. Karena, bila OPT ini dibiarkan, kita khawatirkan petani kita gagal panen," jelas Danramil. 


Ia menandaskan, untuk mencapai kesuksesan panen, para petani harus melakukan Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Metode ini akan tercapai optimal bila dilakukan secara kontinyu. 

Share:
Komentar

Berita Terkini