Ini Cara Dandim Abdya Belanja Masalah Petani, Hingga Berhasil Surplus Pangan

Laporan: Heri author photo
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi blusukan jumpai petani dan mendengarkan langsung kendala yang dihadapi

ACEHPRESS, Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menyambangi warga di pesisir pantai Desa Lama Muda Kecamatan Kuala Batee, Kamis (17/11/2022).

Dalam blusukannya tersebut Letkol Roqich menyempatkan duduk dan dialog bersama warga di salah satu gubuk kebun masyarakat setempat.  Dengan jamuan segelas kopi hangat, TNI pangkat melati dua itu menerima obrolan dari warga mulai dari soal perkembangan mangrove di bibir pantai, pertanian hingga sosial ekonomi wilayah. 

Dandim juga menerima laporan positif dari warga bahwa kehadiran anggotanya di wilayah sangat membantu terhadap kesulitan rakyat. 

"Apa saja kendala di wilayah, terutama soal pertanian jangan sungkan sampaikan ke mereka (Babinsa) agar cepat diminimalisir," kata Dandim. 

Menyinggung soal program ketahanan pangan, Dandim menyampaikan secara de facto Kementan telah menunjuk TNI AD untuk membantu pemerintah meningkatkan produksi pangan. Atas dasar itu pihaknya gencar mendorong dan memotivasi masyarakat mengeksploire pertanian untuk kekuatan pangan serta ekonomi wilayah. 

Dandim juga menginformasikan bahwa  produksi pertanian Abdya dalam tahun ini hasilnya melebihi target dan memuaskan. Dari 8000 hektar sawah yang digarap mampu menghasilkan 42 ribu ton lebih beras. Artinya, dalam setiap 1hektar sawah rata-rata tonase hasil panen petani Abdya mencapai 8 ton. 

Surplus pangan ini rencananya akan diover ke daerah lain yang tengah mengalami defisit pangan, yaitu Singkil. Upaya tersebut diambil untuk menekan resiko inflasi di daerah. Kerjasama over pangan antara Abdya dengan Singkil ini secara resmi akan disaksikan langsung oleh Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi dalam agenda Kunkernya pada Senin (21/11) mendatang. 

Letkol Roqich menyebutkan keberhasilan Abdya dalam ketahanan pangan ini tercapai berkat keuletan, kegigihan para petani dan didukung oleh semua komponen. 

"Harapannya keberhasilan ini dapat terus kita pertahankan dan ditingkatkan. Dan ini semua adalah tugas kita bersama," kata Dandim. 

Informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan temu sapa Dandim dengan warga di pelosok desa ini rutin dilakukan. Selain untuk mempererat silaturahmi, juga sebagai wadah belanja masalah yang rill terjadi di wilayah sehingga didapat asesmen solusi. 

Share:
Komentar

Berita Terkini