Kasdam IM Hadiri Kuliah Umum Kebangsaan

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr (Han), menghadiri kuliah umum kebangsaan bersama Menkopolhukam RI Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. di Universitas Syiah Kuala. Kamis sore (22/12/22). 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) menyampaikan kuliah umum bertema "Peran Kampus dalam Merawat Keberagaman dan Kebangsaan'" di Gedung AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. 

Mahfud MD mengatakan, mengapa Indonesia bisa menerima keberagaman? Lalu keberagaman tersebut dapat menjadi kekuatan untuk membangun bangsa. Menurutnya, hal ini karena upaya membangun hukum kita seperti Piagam Madinah. 

“Jadi kalau kita lacak Nasionalisme di Indonesia itu sama dengan Piagam Madinah, yang kuncinya adalah Kosmopolit. Kosmopolit itu hidup berkewarganegaraan, merasa bersatu walaupun berbeda", ucapnya. 

Sementara Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan turut menyambut baik kuliah umum kebangsaan ini, juga menilai keberagaman sejatinya adalah modal penting bagi bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia sebagai sebuah negara maju. 

Menkopolhukam RI pada kesempatan itu turut didampingi Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan Forkopimda Aceh.
Share:
Komentar

Berita Terkini