Memperingati Haul Ke 386 Sultan Iskandar Muda

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh ( Satgas PPA) kembali mengelar Haul Sultan Iskandar Muda ke - 386 .Kegiatan Haul akan berlangsung di komplek makam Sultan Iskandar Muda , Baperis samping pemdopo Gubernuran Aceh , Selasa 27/12/22.

Ketua Satgas PPA , Mustafa Abdullah .SE mengatakan kegiatan itu merupakan agenda rutin dari Satgas PPA untuk mengenang jasa - jasa Sultan Iskandar Muda yang dimasa kepimpinanya membuat kesultanan Aceh Darussalam berjaya pada saat itu.

" Haul Sultan Iskandar Muda dilaksanakan pada setiap 27 Desember. Hari wafatnya diperingati untuk mengingat bahwa Aceh di masa lalu pernah memiliki raja atau sultan yang arif dan bijaksana," kata Ketua Satgas PPA Mustafa Abdullah di Banda Aceh , Senin 26/12/22.

"Sultan Iskandar Muda memimpin Kesultanan Aceh sejak 1607 hingga 1636 Masehi. Di masa Sultan Iskandar Muda, Aceh mencapai kejayaan sebagai kerajaan besar dan berdaulat,"tambah Mustafa Abdullah.

"Selain itu, haul diperingati guna mengenang keteladanan Sultan Iskandar Muda. Keteladanan tersebut hendaknya bisa menjadi contoh bagi pemimpin saat ini dalam membangun Tanah Rencong, maka kami mengharapkan agar pemerintah Aceh para ulama para pewaris raja raja Aceh mari kita satukan persepsi untuk membangun Aceh dalambigkai Negara kesatuan republik Indonesia. sebut Mustafa Abdullah.

Sementara itu , ketua panitia Haul Sultan Iskandar Muda ke - 386 , Iskandar menjelaskan ada sejumlah agenda haul Sultan Iskandar Muda pada tahun ini, di antaranya ziarah ke makam Sultan Iskandar Muda yang berlokasi di sebelah Museum Aceh.

"Lalu ada , Zikir dan Do'a, Pemutaran Film dokumenter sejarah Sultan Iskandar muda , Tausiah dan pemaparan sejarah Sultan Iskandar Muda , Penampilan Shalawat rapai sufi, santunan anak yatim dan khanduri atau makan bersama," tutup Iskandar.
Share:
Komentar

Berita Terkini