Bhabinkamtibmas Polsek Kualasimpang Monitoring Giat Posbindu PTM dan RGG Balita

Laporan: AYU RAHAYU author photo


  
Aceh Tamiang -- Bhabinkamtibmas Polsek Kualasimpang, Aipda Ikhsan perdana melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Lansia dan RGG Balita (Rumah Gizi Gampong) di Kampung Sriwijaya, Kecamatan Kota Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan berlangsung, Selasa (17/01/2023) Pukul 10.00 Wib bertempat di Balai Posbindu PTM Mesjid Al-Ikhlas, Dusun Bakti Kampung sriwijaya Kecamatan kota kualasimpang.

"Dalam giat tersebut, Bhabinkamtibmas Aipda Ikhsan Perdana melaksanakan kegiatan mendampingi Bidan Desa dan warga masyarakat, untuk melakukan pemeriksaan Posbindu PTM dan warga yang memiliki Balita gizi buruk untuk melaksanakan Rumah Gizi Gampong", kata Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis, SIK, MH, melalui Kapolsek Kota Kualasimpang, AKP Justin Tarigan.

AKP Justin menjelaskan, adapun rangkaian kegiatan Posbindu PTM Lansia tersebut yaitu, dimulai dengan melaksanakan kegiatan pendaftaran, kemudian melaksanakan penimbangan berat badan dan mengukur tinggi badan balita, melakukan pemeriksaan Tensi Darah pada lansia, serta melakukan pemeriksaan Kadar Gula dan Kholestrol pada lansia.

"Giat ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Bhabinkamtibmas terhadap kesehatan warga masyarakat binaanya, agar melaksanakan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan para ibu ibu yang memiliki balita yang kekurangan gizi (Gizi Buruk) supaya segera mendapatkan asupan makanan yang bergizi", jelasnya.

AKP Justin juga menambahkan, Bhabinkamtibmas juga terus melakukan monitoring dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan, hal tersebut sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap PTM mengingat hampir semua faktor risiko PTM tidak memberikan gejala pada yang mengalaminya.

"Selain itu memberikan himbauan kepada para warga masyarakat dan ibu - ibu yang memiliki balita, agar selalu rutin mengikuti kegiatan posbindu dan RGG tersebut, sehingga warga dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Begitu pula bagi balita agar mendapatkan Imunisasi lengkap dan dapat di Kontrol kesehatan serta tumbuh kembang Balitanya", terang AKP Justin Tarigan.
Share:
Komentar

Berita Terkini