Persit Kodim Abdya Siap Dukung Gerakan Ibu Asuh Anak Stunting

Laporan: Heri Purwanto author photo
Ketua Persit Kodim Abdya Ny. Indria Roqich menyalami 73 anak darurat stunting


ACEHPRESS, Abdya- Persatuan Isteri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XXXII Dim 0110 Koorcab Rem 012 PD Iskandar Muda siap mendukung Gerakan Ibu Asuh (GIA) sebagai upaya mempercepat penurunan kasus stunting di wilayah Abdya. 


Pernyataan itu dilontarkan Ketua Persit Kodim Abdya Ny. Indria Roqich saat ditemui pewarta pada acara Launching Gerakan Ibu Asuh Anak Stunting Abdya, diresmikan langsung oleh Pj. Bupati Darmansah, S.Pd. M.M di lapangan Pemkab setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (3/1/2023). 


"Kami Persit Kodim Abdya siap mendukung GIA demi menyukseskan target pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting," ujarnya. 


Isteri Dandim Abdya itu menyebutkan aksi GIA berkolerasi dengan salah satu tugas suami mereka. Yang mana seluruh Prajurit di matra darat tidak terkecuali Kodim 0110/Abdya diamanatkan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman agar menggerakan sumber daya yang ada untuk mendukung percepatan penurunan kasus stunting di tanah air. 


Untuk memaksimalkan amanat tersebut, kata Indria Roqich, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengintervensi kasus stunting diantaranya dengan menggelar program KB Kes, sosialisasi kesehatan Ibu dan anak, penyuluhan PMT serta memberdayakan program ketahanan  pangan untuk peningkatan gizi. 


"Yang disampaikan tadi sama bapak Kepala BKKBN Aceh dan Pj. Bupati benar adanya. Kami sangat setuju, untuk menurunkan kasus stunting ini diperlukan kebersamaan semua pihak. Tugas ini tidak bisa dibebankan pada satu pihak saja," singkat Indria Roqich. 


Sebelumnya, Pemkab Abdya melalui prakarsa Tim Penggerak PKK, PDW dan DPMP4 resmi melaunching Gerakan Ibu Asuh (GIA) untuk mempercepat penurunan stunting. Acara ini turut dihadiri Kepala BKKBN Aceh Drs. Sahidal Qasri, MPd. 


Pada kesempatan tersebut, Isteri Pj. Bupati Abdya yang juga sekaligus Ketua PKK daerah setempat, Ny. Zulhijjah Darmansah menyebutkan jumlah anak stunting di wilayah itu mencapai 1.042 orang anak. 


Dari jumlah tersebut, 73 orang anak masuk kategori darurat dan perlu segera dilakukan penanganan, salah satunya dengan menerapkan Gerakan Ibu Asuh (GIA).


Dalam aplikasinya, selama tiga bulan awal GIA memfokuskan perbaikan gizi terhadap 73 anak darurat stunting. Program itu bakal dibiayai penuh oleh Pemkab Abdya, masing-masing anak dikucurkan bantuan sebesar Rp. 300 ribu. 


"Agar tepat sasaran, uang ini akan diserahkan ke Tim Gizi Dinkes Abdya. Tim ini nantinya yang bertanggung jawab mengasuh dan memperbaiki gizi 73 anak tadi," katanya. 


Share:
Komentar

Berita Terkini