Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Keselamatan Lalu Lintas

Laporan: AYU RAHAYU author photo



BANDA ACEH, -  Senin, 30 Januari 2023 bertempat di Ruang Rapat Kantor PT. Jasa Raharja Cabang Aceh Jalan Teuku Umar nomor 350, Banda Aceh diadakan Rapat Koordinasi Forum Keselamatan Lalu lintas (FKLL). 

Ini salah satu upaya yang dilakukan Jasa Raharja Cabang Aceh untuk menekan angka kecelakaan di Wilayah Aceh.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Kepala PT Jasa Raharja Cabang Aceh, Regy S Wijaya, S.Kom, MMSI, AMII dihadiri oleh Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Muji Ediyanto, S.H, S.I.K beserta jajaran, Ketua Organda Provinsi Aceh, Dinas Perhubungan Provinsi,  Dinas PUPR Provinsi Aceh, BPTD Wilayah I Aceh, BAPPEDA Aceh dan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Aceh.

Regy S Wijaya selaku Kepala Cabang PT Jasa Raharja Aceh menjelaskan bahwa ,”Rapat FKLL (Forum Komunikasi Lalu Lintas) yang saat ini di inisiasi oleh PT Jasa Raharja Cabang Aceh merupakan Agenda rutin yang dilaksanakan satu bulan sekali dengan materi Paparan dan diskusi terkait isu-isu lalu lintas maupun hal-hal terkait keselamatan yang perlu menjadi perhatian Stake holder terkait serta sekaligus membahas analisa dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2022.” 

Sementara itu Kombes Pol. Muji Ediyanto, SH., S.IK selaku Dirlantas Polda Aceh dan Ketua Pelaksana II Forum FKLL menyinggung terkait kejadian kecelakan menonjol antara mobil Honda Jazz dengan Truck Tangki pada tanggal 30 Desember 2022 di Simpang Beutong Kabupaten Pidie yang menyebabkan 7 (tujuh) orang meninggal dunia, sehingga Dirlantas Polda Aceh menyampaikan bahwa, “Rapat FKLL ke depan perlu diundang pihak-pihak yang berkepentingan terkait dengan ODOL (Over Dimensi Over Load) yang notabene menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kejadian laka lantas. 

Termasuk pula Asosiasi pengusaha truk sehingga dapat dibahas lebih spesifik dan fokus yang dapat menghasilkan rekomendasi lanjutan sehingga kasus kecelakaan Menonjol di Kabupaten Pidie tidak terjadi lagi.”

“Hingga periode Desember 2022 PT Jasa Raharja telah menyerahkan santunan dengan total 73,04 milyar di Wilayah Provinsi Aceh, kondisi ini lebih tinggi 12,61% dibandingkan dengan periode yang sama Tahun 2021 lalu yakni sebesar 64,87 milyar. 

Namun untuk fatalitas korban meninggal dunia menurun 7,41% dari 650 korban yang menerima santunan meninggal dunia pada Tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sebanyak 702 korban. 

Namun untuk korban yang menerima santunan luka-luka meningkat 33,10%. Hal ini menjadi perhatian dan upaya kita Bersama terkait strategi untuk menurunkan angka kecelakaan pada Tahun 2023 ini,” Imbuh Regy.

“Jasa Raharja juga berperan aktif dalam program pencegahan kecelakaan seperti yang sudah kami lakukan seperti pemasangan spanduk himbauan keselamatan dan papan peringatan daerah rawan laka untuk menurunkan angka kecelakaan, sosialisasi menggunan SMS Blast di daerah yang menjadi titik rawan laka, menyerahkan bantuan sarana pencegahan laka kepada mitra terkait, ” Tutup Regy.

Share:
Komentar

Berita Terkini