Abdya Raih Peringkat Kedua Standar Pelayanan Publik

Laporan: Heri author photo
Pemkab Abdya diwakili Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Edi Darmawan, S.Sos menghadiri penganugerahan predikat kepatuhan pelayanan publik di Mon Mata Banda Aceh. foto : Humas Pemkab Abdya

ACEHPRESS, Abdya- Lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI menganugerahkan predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), di Anjungan Mon Mata Banda Aceh, Rabu (22/2/2023).

Penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik prediket terbaik (B) untuk Abdya itu, diterima Asisten III Bidang Adminitrasi Umum, Edi Darmawan, S.Sos, mewakili Pj Bupati Abdya, H. Darmansah, S.Pd, MM.

"Alhamdulillah Kabupaten Abdya mendapat penghargaan kapatuhan standar pelayanan pulik tahun 2022 dari Ombudsman RI dengan opini penilaian kata gori B (kualitas tinggi) dengan jumlah nilai 85,85 (zona hijau)," ujar Edi Darmawan.

Penghargaan tersebut, kata Edi, diserah langsung oleh Kepala Ombudsman RI perwalkilan Aceh Dian Rubiaty, SE, Ak, MPA.

"Abdya mendapatkan peringkat ke 2 se-Aceh. Data dari Ombudsman RI Aceh hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan kepada pemerintah Aceh dan 23 pemerintah kabupaten/kota yang berada di wilayah adminitratif pemerintah Aceh," jelasnya.

Edi menyebutkan, ada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dua Puskesmas yang di nilai oleh Ombudsman. Untuk Abdya, opini yang dinilai adalah DPMPTST Nakertrans, Disdukcapil, Dinkes, Disdikbud, Dinsos, Puskesmas Kuala Batee, dan Puskesmas Manggeng. 

Dari opini tersebut, kata Edi, DPMPTST Nakertrans memperoleh nilai tertinggi yakni 89.88. Kemudian Disdukcapil 89.63, Dinas Sosial 84.58l, Dinkes 84.87, Disdikbud 83.32, Puskesmas Kuala Batee 88.56, dan Puskesmas Manggeng 80.58.

Atas prestasi itu, imbuh Edi, membuktikan bahwa pelayanan publik yang diberikan semakin baik dan meningkat.

"Kita berharap prestasi yang telah diraih jangan membuat kita berpuas diri. Ke depan pelayanan kepada publik harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Kepada ASN Edi meminta agar terus meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga ke depan Pemkab Abdya mampu meraih predikat A.

"Semoga dengan predikat ini menjadi pemacu kinerja ASN. Atas prestasi ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua ASN Abdya yang telah bekerja keras dalam melakukan pelayanan terhadap publik," tandasnya. **

Share:
Komentar

Berita Terkini