Peringati Isra Mi'raj, Kodim Abdya Ajak Para Napi Istighatsah Kubra

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya- Seratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Blangpidie melaksanakan shalat Taubat dan Istighatsah bersama gabungan TNI Polri dan Forkopimda Aceh Barat Daya (Abdya), di lapangan dalam Lapas setempat, Desa Alue Dama Kecamatan Setia, Minggu (19/2/2023) sekira pukul 04.15 WIB. 


Diketahui, acara tersebut diinisiasi Kodim 0110/Abdya dalam rangka peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.


Shalat Istighatsah bersama ini dilaksanakan secara live virtual seluruh Indonesia, digelar terpusat oleh MUI di Mesjid Agung Cianjur, Jawa Barat. Moment ini dihadiri langsung Wakil Presiden RI KH. Maruf Amin dan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE., MM. 


Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi mengungkapkan, pihaknya sengaja menggelar shalat Istighatsah serentak tersebut di Lapas, karena menurutnya WBP juga bagian dari WNI. 


Menurut Dandim, WBP muslim juga berhak untuk memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Meski tercatat negatif, esensinya mereka juga turut berduka atas segala musibah yang terjadi di tanah air, salah satunya gempa Cianjur. Dengan segala keterbatasan sebagai WBP, pastinya mereka juga mendoakan yang terbaik untuk para korban, dan umumnya Indonesia dari cobaan bencana. 


"Terpenting lainnya, momen ini juga bisa dijadikan sebagai wadah Taubat mereka dan memohon pertolongan kepada Allah SWT atas kesulitannya masing-masing," jelas Dandim. 


Salah satu WBP, Syafrizal mengapresiasi kegiatan ibadah bersama tersebut. Selama lima tahun lebih ia meninggalkan keluarga dan lingkungan, dirinya nyaris tidak menikmati kekhusuan peringatan Isra Mi'raj.


Mewakili aspirasi para WBP ia berharap agar kegiatan ibadah bersama di Lapas bisa digelar berkelanjutan. 


"Melalui moment ini kami merasa damai. Rasanya tidak lagi seperti terasing. Mudah-mudahan ini seterusnya," kata dia. 


Acara Istighatsah kubra se-Indonesia ini digelar berbeda oleh Kodim 0110/Abdya. Tidak dilaksanakan di masjid-mesjid kota pada umumnya, melainkan di Lembaga Pemasyarakatan. 


Kegiatan ibadah bersama ini dimulai dengan shalat taubat, shalat hajat, shalat subuh dan shalat Istighatsah. 


Tampak hadir Pj. Bupati Abdya Darmansah, S. Pd., MM, beserta Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha, ketua DPRK Nurdianto, Kajari Heru Widjatmiko, Kalapas Kelas IIB Blangpidie Ahmad Widodo, Ketua MPU M Ahmad Dahlan serta sejumlah komponen pemerintahan Abdya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini