Cegah Banjir Ekstrim, TNI dan Tim Gabungan Bersihkan Sumbatan Sungai Padang Kawa

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Kamis (2/3) malam menyebabkan puluhan desa di sembilan kecamatan dalam wilayah itu terendam banjir. 


Salah satu wilayah yang terdampak banjir parah yakni Desa Padang Kawa Kecamatan Tangan-tangan. Kawasan ini menjadi langganan bah karena berada di lingkar saluran sungai. 


Menyikapi kondisi darurat tersebut, Jumat (3/3/2023), TNI beserta gabungan Polri, Tagana dan masyarakat gotong royong membersihkan saluran sungai dari sumbatan sampah dan rumpun bambu yang longsor tergerus air. 


Pelaksana harian Danramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya Serma Dirmansah di lokasi menyebutkan, aksi cepat tim gabungan ini dilakukan untuk meminimalisir volume air akibat luapan sungai. 


"Bila tidak segera dibersihkan, sumbatan itu akan terus menumpuk. Dikhawatirkan, genangan air di pemukiman akan semakin tinggi karena bertambah dengan air luapan sungai," katanya. 


Dirmansah mengungkapkan dalam bencana banjir kali ini dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


Hingga berita ini diturunkan, TNI beserta tim gabungan menyebar ke seluruh lokasi melakukan pemantauan dan pengendalian banjir. 

Share:
Komentar

Berita Terkini