Gegara Babinsa, Warga di Setia Abdya Trend Bertani Cabai

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Abdya- Prospek budidaya holtikultura jenis cabai di wilayah Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menggeliat. Komoditi ini jadi opsi pavorit bagi para petani setempat, karena mengingat pangsa pasarnya tidak pernah sepi dari pembeli. 


Danpos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya Serma SY Lubis selaku unsur dewan pangan setempat membenarkan fokus pertanian warganya mulai berlalih ke potensi budidaya cabai. Kegiatan positif itu berlangsung dimulai sejak endemi dua tahun yang lalu atau pasca pandemi Covid-19. 


“Banyak yang beralih ke cabai, karena pangsa pasarnya ini mudah dan paling laris. Terlebih ini sudah mendekati puasa Ramadhan, jauh-jauh hari mereka sudah targetkan ke situ," terang SY Lubis di salah satu lokasi kebun cabai, kawasan Cinta Makmur, Jumat (17/3/2023).


Danpos Ramil menyebutkan kebutuhan masyarakat terhadap cabai ini sangat tinggi. Dalam setiap hari, komoditi ini menjadi menu wajib belanja setelah Sembako. 


Untuk mendukung geliat usaha tersebut, ia telah menginstruksikan jajarannya agar memberikan pendampingan kepada para petani, berlaku sama dengan pendampingan ketahanan pangan padi.


“Kebetulan ada beberapa anggota kita yang sudah disekolahkan ilmu pertanian di Bandung. Mudah-mudahan ilmunya itu bisa diamalkan untuk membantu meningkatkan ekonomi petani. Geliat ekonomi warga ini harus kita dukung,” tandasnya.


Sebagai Informasi, usaha budidaya cabai di wilayah Aceh khususnya di Abdya semakin menjamur. Prospek ini diyakini sangat efektif dapat meningkatkan taraf ekonomi petani. 


Tercatat, harga cabai di pasaran saat ini berada di angka Rp. 35-40 ribu perkilogram. Harga ini perlahan meningkat karena tingginya permintaan pasar Jepang Ramadhan. 


Salah satu petani, Sukardi (40) mengaku latar belakang awal dirinya menanam cabai karena dorongan dari Babinsa, agar aktif memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif. 


Dengan dukungan penuh dari Babinsa, Sukardi lantas menanam 2500 batang cabai merah dan dipastikan saat Meugang puasa nanti telah bisa dipanen. 


"InsyaAllah untuk biaya Meugang Puasa dan Lebaran nanti saya andalkan kebun cabai ini," tutupnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini