Kunjungi Sabang Marine Festival, Sekjen Kemendagri Puji Produk UMKM Lokal Sabang

Laporan: AYU RAHAYU author photo

Sabang  -  Bersama Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro, sambangi Sabang Marine Festival 2023, Sabtu (18/3) sore. 

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemendagri mengunjungi dan memuji produk UMKM masyarakat Sabang sekaligus berharap agar terus meningkatkan inovasi bagi produk-produk olahannya.

"Produk UMKM di Kota Sabang saat ini sudah sangat bagus, kalau kita terus tingkatkan hasil olahannya, maka perekonomian masyarakat juga akan meningkat" kata Suhajar Diantoro.

Menurutnya, pengembangan sektor UMKM harus terus ditingkatkan. Sektor usaha ini harus mampu terus berinovasi mengembangkan bisnis, sekaligus menyesuaikan dengan era globalisasi dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM). 

Ia menjelaskan, pada bagian-bagian tertentu dimana olahannya sudah bagus, namun disisi lain masyarakat kekurangan modal dalam mengembangkan usahanya.

Maka, pemerintah daerahpun dapat mengalokasikan anggaran untuk membantu permodalan UMKM ini, tentunya dengan bunga yang murah dan rendah.

“Bahkan ada daerah yang bunganya nol, karena disubsidi oleh APBD. Kadang-kadang ada daerah yang memberikan bunga 3 persen dan itupun hanya untuk operasional penyaluran bantuan,” jelasnya.

Disamping itu, kata Suhajar, yang paling penting adalah terkait marketing atau penjualan suatu produk UMKM tersebut.

Dimana marketing saat ini harus di konektingkan dengan teknologi. Sehingga produk-produk yang ingin dijual dapat dibeli oleh semua orang di Indonesia.

“Dia hanya menguasai jalur distribusi yang telah tersedia oleh situasi yang dibangun oleh pemerintah.

Ia melihat, proses transfer barang tersebut sangat mudah dengan adanya transportasi umum, jasa pengiriman barang cepat, kemudian ditunjang oleh transportasi yang iklimnya dibentuk oleh pemerintah.

Suhajar menambahkan, pelaku bisnis UMKM ini harus mempunyai target dan visi yang jelas serta terukur. Hal ini penting guna meningkatkan penjualan ke seluruh pesolok nusantara.

“Kehebatan marketing hari ini adalah memasarkan produk kita sampai kemana saja kita punya pelanggan,” kata Suhajar.
Share:
Komentar

Berita Terkini