Ribuan Kendaraan Di Lhokseumawe Ikuti Program Pemutihan

Laporan: REDAKSI author photo
LHOKSEUMAWE | Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Lhokseumawe menyebutkan, sejak 2 Januari hingga 27 Februari 2023, tercatat ada 4.508 unit kendaraan dengan berbagai jenis mengikuti program pemutihan. 

"Dari jumlah tersebut terdiri dari layanan Samsat 4.016 unit, layanan jempol 454 unit, dan layanan Samsat keliling 38 unit kendaraan," kata Kepala BPKA Aceh Azhari melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) wilayah V Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) Chaidir pada Selasa, 28 Februari 2023.  

Khaidir menjelaskan program pemutihan kendaraan yang belakangan berlanjut hingga 30 April 2023 tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Sebab, pemutihan yang dilakukan merupakan pemutihan terakhir.

"Terlebih di tahun 2023, akan diterapkan penghapusan identitas kendaraan bagi kendaraan yang telah mati pajak selama dua tahun,"ujarnya.

Dan apabila itu terjadi, kata dia bakal ada potensi penghapusan data kendaraan itu berjumlah 56 ribu unit. 

Berdasarkan peraturan kedepan, apabila kendaraan yang sudah dihapus datanya pastinya sudah dianggap kendaraan bodong. 

Nantinya, bila terjadi sesuatu di jalan raya maka itu tidak dapat diklaim asuransi dikarenakan kendaraan tidak layak jalan. 

"Jangan menunda-nunda. Dan kami bisa pastikan untuk tahun depan itu tidak ada lagi pemutihan pajak. Kemudian, efeknya masyarakat tidak bisa memperbarui pajaknya, dikarenakan datanya sudah dihapus," pungkasnya. (ADV)
Share:
Komentar

Berita Terkini