Babinsa di Abdya Giatkan Pertanian Sayuran

Laporan: Heri author photo
Babinsa dampingi petani kontrol tanaman sayuran jenis sawi di kawasan Lembah Sabil, Abdya

ACEHPRESS, Abdya- Prospek budidaya tanaman sayuran di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menggeliat. Maraknya perkembangan usaha pertanian ini ditenggarai tingginya permintaan pasar terhadap sayuran tidak pernah sepi. 

Di bawah dampingan para Babinsa, para petani setempat mengelola komoditas sayuran di antaranya sawi, kangkung, bayam, dan cabai. 

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Azwani menyebutkan, saat ini budidaya sayuran menjadi alternatif usaha yang paling digemari para petani selain padi. 

"Paling ngetrend, karena pangsa pasarnya ini mudah dan paling laris. Kebutuhan sayuran ini kurang lebih hampir sama dengan beras. Setiap hari pasti dibeli," ujar Pasiter di Blangpidie, Rabu (10/5/2023). 

Pasiter menerangkan, untuk mendukung geliat usaha tersebut, anggota Babinsa di jajarannya secara intens terus memberikan pendampingan terhadap warga agar memproduktifkan lahan tidur menjadi kebun sayuran. Fokus pendampingan ini berlaku sama dengan pendampingan ketahanan pangan padi. 

"Kebetulan ada beberapa anggota kita yang sudah disekolahkan ilmu pertanian di Bandung. Mudah-mudahan ilmunya itu bisa diamalkan untuk membantu meningkatkan ekonomi petani. Geliat ekonomi warga ini harus kita dukung, " tandasnya. 

Sebagai Informasi, usaha budidaya sayuran di wilayah Aceh khususnya di Abdya semakin menjamur. Prospek ini dianggap paling praktis untuk memulihkan ekonomi sekaligus mencegah resiko inflasi daerah. **

Share:
Komentar

Berita Terkini