Digelar Serentak se-Indonesia, Danrem 012/TU Pimpin Penanaman Bibit Mangrove di Wilayah Aceh Barat

Laporan: Heri author photo


ACEHPRESS, Meulaboh - Danrem 012/TU melaksanakan penanaman Mangrove serentak serentak di daerah pesisir Desa Langung, Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat, Senin (15/5/23). 


Penanaman Mangrove Nasional digelar serentak di 370 lokasi yang tersebar di 37 Provinsi di seluruh Indonesia. 


Kegiatan ini mengusung tema: “mangrove for better life”.


Adapun Presiden RI, Joko Widodo hadir secara langsung dan membuka jalannya kegiatan yang menanam 1.100.169 bibit mangrove tersebut.


Di Kabupaten Aceh Barat, kegiatan penanaman dibagi 4 lokasi di Kec. Meureubo, Kec. Johan Pahlawan, Kec. Sama Tiga dan di Kec. Arongan Lambalek dengan total 5.000 bibit. 


Dalam kesempatan tersebut Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P., menyampaikan, tanaman Mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. 


"Tanaman mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut", ucap Danrem. 


Danrem menyebut, Seperti contoh kondisi lahan di kelompok Tani Farm Korem 012/TU dulunya adalah hutan rawa tetapi sekarang menjadi lahan yang produktif yang telah ditanami berbagai macam sayuran, gambas, dan banyak tanaman lainnya. 


“Karena itu, kegiatan penanaman mangrove menjadi salah satu media yang baik untuk turut berkontribusi secara signifikan dalam upaya perlindungan daerah pesisir dari bencana,” tutup Danrem.(Penrem012/TU)

Share:
Komentar

Berita Terkini