Kodim 0102/Pidie Gelar Puncak Penanaman Tanam Mangrove Secara Serentak Seluruh Indonesia

Laporan: Anonim
acehpress.com, Sigli - Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin, M.Han, bersama Forkopimda Kabupaten Pidie melaksanakan acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara virtual di Gampong Sukon, Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Senin sore (15/05/23).

Kegiatan penanaman Manggrove tersebut di gagas oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E,.,M.M dan dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dan berlangsung secara terpusat di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Jakarta Utara.

Selain itu, pada rangkaian kegiatan tersebut di langsungkan pula Vidcon bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan di ikuti pula oleh para tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Saat dikonfirmasi, Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin, M. Han., menjelaskan bahwa Penanaman bibit Manggove yang secara Virtual tesebut berjumlah 1.116000 bibit yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia, sementara untuk di wilayah Teritorial kodim 0102/Pidie melakukan penanaman bibit Manggove sejumlah 5000 bibit yang di tanama di daerah bantaran pesisir kabupaten Pidie.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, tujuan utama penanaman Mangrove tersebut selain dapat menciptakan daerah hijau, juga sebagai upaya untuk penahan ombak laut secara langsung yang berpotensi terjadinya erosi dan abrasi pantai.

Tak hanya itu. Penanaman Mangrove juga berfungsi sebagai tanaman resapan air dan pelindung ekosistem alam, baik flora dan fauna serta bisa juga menjadi obyek wisata alam yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tanaman Mangrove juga bisa menjadi objek wisata yang mampu menarik wisatawan, sehingga perekonomian warga di pesisir pantai dapat terbantu dengan adanya objek wisata tersebut." Pungkasnya. []

Share:
Komentar

Berita Terkini