Pangdam IM mengikuti acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Aceh Besar - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P mengikuti secara Virtual acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia di Ds. Gampong Baro, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar. Senin (15/05/23) sore.

Acara yang digagas oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E,.,M.M ini dihadiri dan diresmikan oleh Presiden RI bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Jakarta Utara.

Dalam sambutannya Pangdam IM menyampaikan bahwa penanaman manggrove secara serentak ini melibatkan 3 matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU beserta unsur Fokopimda di wilayah masing-masing yang merupakan wujud nyata kita semua dalam rangka membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Panglima mengungkapkan untuk diketahui bersama bahwa penanaman manggrove ini memecahkan rekor muri tahun 2023 yaitu 1.088.000 bibit manggrove yang akan ditanam di wilayah pesisir di 37 Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Aceh sasaran penanaman manggrove terdapat di 14 Kodim daerah pesisir wilayah Kodam Iskandar Muda. Dimana jumlah total penanaman mangrove di wilayah Kodam Iskandar Muda, sampai dengan saat ini luas lahan yang akan di tanam 39.900 M² dengan jumlah bibit yang sudah ditanam 48.658 pohon dan jumlah bibit yang akan ditanam sebanyak 61.700 pohon. Untuk Ds. Gampong Baro, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar ini sebanyak 2000 pohon dengan luas lahan ± 2 Ha.

“Penanaman manggrove Nasional secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan daerah hijau, sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air dan pelindung ekosistem flora dan fauna di wilayah pesisir, juga menjadi obyek wisata lingkungan yang menarik”. Ujar Pangdam IM.

“Semoga penanaman manggrove yang kita lakukan hari ini, semakin mewujudkan daerah Aceh yang Asri, Nyaman dan Lestari, termasuk mengantisipasi dampak negatif perubahan iklim”. Tutup pangdam IM.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Aceh, PJU Polda Aceh, dan para tamu undangan serta masyarakat sekitar Ds. Gampong Baro, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.
Share:
Komentar

Berita Terkini