Polresta Banda Aceh Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023 – 2024.

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh  -  POLRI menggelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 secara serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (17/10/2023).

Hal yang sama juga dilakukan oleh Polresta Banda Aceh, dihalaman Mapolresta yang melibatkan TNI, Dishub, Satpol PP dan WH serta Linmas.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli saat membacakan sambutan Kapolri mengatakan, Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras operasi Mantap Brata 2023 – 2024 sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita masa depan negara kita, ucap KBP Fahmi.

Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024. Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar, tambahnya.

Oleh sebab itu guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, K/L beserta instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024.

” Operasi ini dilaksanakan selama 222 Hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu” sebutnya.

Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah / zonasi bagi personil korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, di mana untuk Korp Brimob Polri terbagi dalam empat wilayah, sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi. Bukan hanya itu Polri juga menyiapkan 2 ribu personil Brimob Power on Hand Kapolri serta 8,5 ribu personel dalam Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun, dan di manapun ke seluruh wilayah Indonesia, tutur KBP Fahmi lagi.

KBP Fahmi mengatakan, Sebagai dukungan terhadap operasi Mantap Brata 2023-2024 Polri juga menggelar operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar Persatuan dan Kesatuan serta Kemajuan Bangsa diatas Kepentingan Kelompok guna mengantisipasi polarisasi, akibat berita hoax, isu Sara, propaganda firehose of Falsehood and Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politik serta Sagas Pemilu Damai.

Kedepankan Komunikasi publik, edukasi masyarakat, serta kerja sama antar instansi dalam mengatasi pelanggaran dan tindak pidana pemilu.

Share:
Komentar

Berita Terkini