Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemkab Aceh Besar Gelar Pasar Khusus

Laporan: REDAKSI author photo
KOTA JANTHO - Dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh dan Perum Bulog Kanwil Aceh kembali menggelar pasar khusus di Komplek Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Gampong Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Rabu (5/6/2024).

Antusiasme warga Lamteungoh saat mendatangi pasar khusus dikarenakan barang-barang yang dijual di pasar khusus ini juga lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST menyampaikan, pasar khusus ini dimulai sejak kemarin hingga Kamis besok, dan menurutnya pasar khusus ini sebagai langkah stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat menyambut Lebaran Idul Adha 1445 H.
“Kita bersama-sama melakukan upaya untuk mengendalikan harga beberapa komoditas yang berpotensi merangkak naik, apalagi Idul Adha tinggal menghitung hari,” katanya.

Menurutnya, pasar khusus tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau. Setidaknya ada 4 komoditas dan 400 paket kupon yang disediakan Pemerintah dalam gelar pasar khusus tersebut. 
"Keempat komoditas itu adalah beras premium 10 kg Rp. 94.000, telur ayam 1 papan Rp. 42.000,  minyak goreng 2 liter Rp. 32.000 dan gula pasir 2 kg Rp. 32.000 dengan total Rp. 196.000," ungkap Trizna.

Manfaat pasar khusus ini, kata Trizna, menjaga stabilitas harga dan daya beli yang terjamin. 
"Tentu kita akan medorong bahwa dari ketersediaan maupun harga yang bisa dijangkau dan Pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sedang diberlakukan," terangnya.

“Dan gelar pasar khusus ini untuk umum dan tidak berbatas untuk siapa, karena siapapun bisa berbelanja,” tambahnya.

Dengan pelaksanaan pasar khusus ini, akan dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi dengan menyediakan barang kebutuhan pokok dan adanya stabilitas harga dalam rangka menyambut hari Raya Kurban.
“Melalui program pasar khusus, Pemkab Aceh Besar berharap masyarakat dapat mengakses bahan pokok dengan harga terjangkau dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H nanti,” tuturnya.

Sementara itu seorang warga Lamteungoh Yanti (34), mengatakan kegiatan pasar khusus tersebut sangat membantu dirinya, dengan harga yang lebih murah dia mendapatkan kebutuhan pokok keluarganya.
"Semoga terus diadakan, dan lebih diutamakan di daerah terpencil," ujarnya.

Salah seorang pembeli lainnya Rosmawardani (57) mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan Perum Bulog yang sudah menggelar pasar khusus di gampongnya.
 "Kami sangat senang dengan kehadiran pasar khusus ini, semoga kedepan kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi," ujarnya usai membeli satu paket sembako pada pasar khusus.

Warga lain Syarbani (43) mengatakan Kegiatan pasar khusus tersebut sangat membantu masyarakat karena untuk hari ini harga sembako dipasar yang sangat mahal.
"Terimakasih, Alhamdulillah, semoga kehadiran pasar khusus ini menjadi berkah untuk kami, apalagi menjelang lebaran," pungkasnya. (**)
Share:
Komentar

Berita Terkini