Kapok Sahli Pangdam IM Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Blang Padang

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh - Kapok Sahli Pangdam IM, Brigjen TNI Senmart Tonda, Sos., memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh, pada Sabtu (01/06/24).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapok Sahli Pangdam IM membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., yang menyampaikan bahwa pada hari ini, 1 Juni 2024 kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama sekali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas Maju, Mandiri dan Berdaulat.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi Nilai-Nilai Inklusivitas, Toleransi, dan Gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkah yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia" Ujar Kapoksahli Pangdam IM dalam amanatnya.

"Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni ini. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang Maju, Adil, Makmur dan Berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai bersama ini." Tutup Kapoksahli Pangdam IM mengakhiri amanatnya.

Hadir dalam kegiatan peringatan Upacara Hari Lahir Pancasila tersebut Para PJU Kodam IM dan Kabalakdam IM, Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodam IM se-Garnisun Banda Aceh.
Share:
Komentar

Berita Terkini