Pasca Sepekan Lebaran, Babinsa Abdya Update Stabilitas Harga Sembako

Laporan: Heri author photo
salah satu personel Babinsa blusukan ke pasar di wilayah binaan guna memantau stabilitas harga Sembako dan pangan pasca Sepekan lebaran Idul Adha 1445 H


ACEHPRESS, Abdya- Sepuluh hari pasca lebaran Idul Adha 1445 H, harga sembako di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan mulai stabil. 

Laporan ini diupdate oleh jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya tersebar di 152 Desa dalam 9 Kecamatan. 

Pelaksana harian (Plh) Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Fajar Setyawan menyebutkan berdasarkan hasil pemantauan jajarannya di lapangan harga Sembako dan komoditi pangan lainnya sudah kembali normal. 

"Melalui kegiatan Komsos dan Tahwil anggota kita secara berkala rutin mengupdate perkembangan harga Sembako," ujar Kapten Fajar, Kamis (27/6/2024). 

Plh. Pasiter menjelaskan stabilitas harga Sembako ini sudah mulai normal karena hilir mudik pasokan barang sudah kembali lancar. Mobilitas komoditi pangan dan sayuran yang umumnya berasal dari para petani dalam wilayah juga kembali menggeliat, sehingga berimfact pada stabilitas harga. 

Ia merinci harga cabe merah kini mencapai Rp. 50-60 ribu per kilogram, yang sebelumnya berada di angka Rp. 70-80 ribu per kilogram. Harga telur ayam per papan turun menjadi Rp. 50 ribu dari sebelumnya Rp. 55 ribu. Sementara harga minyak goreng curah dan gula stagnan yakni stabil di harga Rp. 17 ribu per liter untuk minyak da Rp. 18 ribu per kilogram untuk gula. 

"Ada beberapa komoditi yang harganya naik. Namun secara keseluruhan semuanya masih nomal," jelasnya. 

Pasiter menandaskan perkembangan harga ini akan selalu diupdate oleh pihaknya sesuai dengan tuntutan data Demo, Geo dan Konsos teritorial. Data ini juga disinkronkan dengan data dari dinas terkait untuk keperluan pertimbangan dan kebijakan program pemerintah selanjutnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini