Kapolda Aceh: Bhayangkara Fest 2024 Diharapkan dapat Mendekatkan Polri Dengan Masyarakat

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh — Bhayangkara Fest 2024 merupakan event persembahan Polda Aceh untuk masyarakat dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78, dengan tema "Presisi Menuju Indonesia Emas Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Selain itu, Bhayangkara Fest 2024 juga menjadi wujud komitmen Polri, dalam hal ini Polda Aceh, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM untuk mengangkat dan memperkenalkan berbagai macam kuliner serta nilai-nilai budaya yang ada di Aceh.

"Festival ini adalah persembahan Polda Aceh untuk masyarakat, dengan harapan dapat mendekatkan hubungan antara aparat kepolisian dengan masyarakat. Kami ingin menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat, serta membangun kepercayaan dan kerja sama yang solid demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di provinsi yang kita cintai ini," kata Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko, saat membuka acara Bhayangkara Fest 2024, Jumat malam, 5 Juli 2024.

Jenderal bintang dua itu juga menyampaikan, Bhayangkara Fest akan berlangsung selama empat hari, mulai 5—8 Juli 2024. Banyak rangkaian kegiatan pada event tersebut serta berbagai perlombaan menarik lainnya yang dapat diikuti oleh masyarakat dan pengunjung acara.

Terselenggaranya acara ini berkat adanya dukungan penuh dan melibatkan partisipasi dari Pemerintah Daerah, pemerintahan di 23 kabupaten kota, BUMN, BUMD, dan beberapa perusahaan swasta yang ada di Aceh.

Bhayangkara Fest ini, sambungnya, menjadi promosi awal PON XXI Aceh—Sumut agar masyarakat Aceh dapat mempersiapkan diri sebagai tuan rumah yang ramah dan baik menyambut tamu dari daerah lain.

"Acara ini juga menjadi momen silaturahmi masyarakat Aceh yang terwujud dalam pentas seni dan budaya serta hiburan untuk mewujudkan solidaritas dan kebersamaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan PON XXI Aceh—Sumut dan Pilkada serentak pada November mendatang," ujarnya.

Terakhir, abituren Akabri 1991 itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana, seluruh peserta Bhayangkara Fest 2024, Pemerintah Aceh beserta jajaran kabupaten kota, TNI, sponsorship, dan seluruh elemen masyarakat atas partisipasi serta dukungannya, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

"Terima kasih kepada semua yang telah mendukung terlaksananya Bhayangkara Fest 2024. Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta membawa kebahagiaan dan manfaat bagi kita semua," tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah, dalam sambutannya mengatakan, Bhayangkara Fest 2024 tidak sebatas perayaan, tetapi juga simbol dari kemitraan yang kuat antara Polri, pemerintah, dan masyarakat Aceh. Festival itu juga menjadi momentum penting untuk makin mempererat hubungan semua pihak dalam menjaga Aceh tetap aman, damai, dan sejahtera.

Menurutnya, tema Hari Bhayangkara tahun 2024, "Polri Presisi Mendukung Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas," sangat relevan dengan misi pembangunan Aceh yang sedang berjalan.

"Melalui Bhayangkara Fest ini, kita tidak hanya merayakan hari lahirnya Polri, tetapi juga mengapresiasi peran mereka sebagai garda terdepan dalam melindungi kehidupan kita serta mendorong transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Aceh," ujar Bustami.

Ia melanjutkan, sinergi antara Polri, Pemerintah Aceh, dan masyarakat memiliki peran vital dalam membangun Aceh yang lebih baik. Harus disadari sepenuhnya bahwa keamanan, stabilitas, serta inklusi ekonomi adalah pondasi utama untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengapresiasi peran aktif Polri dalam mendukung berbagai program pembangunan di Aceh, termasuk dalam mendukung transformasi ekonomi yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Bersama-sama, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama ini demi menciptakan lingkungan yang lebih aman, nyaman, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi setiap warga Aceh," katanya.

Terakhir, Bustami juga menyebut, bahwa Bhayangkara Fest 2024 bukan hanya sekadar acara tahunan, tetapi suatu agenda yang diharapkan dapat memberikan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat Aceh.

"Melalui festival ini, kami berharap dapat memperkuat ikatan kebersamaan antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat," demikian, harap Bustami.
Share:
Komentar

Berita Terkini