Tingkatkan kemampuan, Personil Kodim 0101/KBA, laksanakan lari Jalanan dan Latihan Beladiri Taktis.

Laporan: AYU RAHAYU author photo


Banda Aceh – Tingkatkan kemampuan perorangan prajurit, Personil Kodim 0101/KBA melaksanakan lari jalanan dan dilanjutkan dengan kegiatan Beladiri Taktis, ini merupakan program kerja satuan Kodim 0101/KBA Bidang Operasi khususnya Pembinaan Jasmani Militer (Binjasmil). 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi OPS) Mayor Inf Pristan, yang bertempat di Lapangan Apel Makodim 0101/KBA,  Jln S.T.A Mahmudsyah, Nomor 32, Gampong Baro,Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Kamis (04/07/2024).

Pasiops Kodim 0101/KBA menerangkan bahwa kegiatan Beladiri Taktis merupakan salah satu latihan Beladiri Dasar Militer perorangan dengan metode mempertahankan diri tanpa senjata atau tangan kosong. Dan Beladiri ini diperkuat dengan gerakan reflek  dengan tujuan menghindari atau menangkis dengan cepat dan handal dari serangan musuh yang menyerang balik.

“Setiap prajurit Kodim 0101/KBA harus mampu menguasai gerakan Beladiri taktis dengan materi Perkelahian tangan kosong guna antisipasi atau melindungi diri dari serangan musuh yang menggunakan senjata tajam (Tactical Vest), Senjata Improvisasi (Sarung, Jaket, kaos dan Sabuk), dan perkelahian pisau serta merebut pistol, dan itu harus diperkuat dengan gerakan reflek.” Ujarnya.

Sebelum memulai latihan Beladiri prajurit diawali dengan kegiatan lari jalanan dengan tujuan untuk membina fisik yang prima sehingga setiap gerakan yang diajarkan cepat dikuasai di mana seluruh gerakan taktis dan teknik Beladiri dalam menyerang lawan atau musuh dapat dilumpuhkan menggunakan tangan kosong perlu adanya fisik yang kuat.

“Maka dari itu sebelum melaksanakan kegiatan latihan bela diri taktis prajurit melaksanakan lari jalanan terlebih dahulu” terangnya.

Untuk diketahui, Latihan Beladiri Taktis merupakan Beladiri tangan kosong yang tidak menggunakan senjata, dalam pelaksanaannya rutin dilakukan oleh prajurit secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. latihan ini sangat bermanfaat  untuk seluruh prajurit dengan tujuan agar bisa di aplikasikan oleh prajurit pada saat pelaksanaan tugas nantinya.
Share:
Komentar

Berita Terkini